Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Antre, Mulai Hari Ini Tiket KA Lokal Bisa Dibeli Lewat KAI Access

Kompas.com - 01/03/2019, 18:30 WIB
Ghinan Salman,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metode pembayaran menggunakan LinkAja.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Akses pemesanan KAI lokal melalui KAI Access itu dibuka mulai hari ini atau 1 Maret 2019.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, LinkAja merupakan aplikasi pembayaran digital karya dari Sinergi BUMN.

Untuk mendapatkan layanan ini, kata Suprapto, pengguna  harus melakukan update aplikasi KAI Access terlebih dahulu menjadi versi terbaru.

Pembelian tiket KA lokal dilakukan pada menu Local Train di aplikasi KAI Access.

Baca juga: Stasiun Tanjung Priok Layani KA Lokal, Tiket Bisa Dibeli H-7

Adapun untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA.

"Yaitu ada KA yang bisa dipesan H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan), dan ada yang bisa dilakukan hanya dengan pembelian langsung (go show) selama tiket masih ada," kata Suprapto, Jumat (1/3/2019).

Suprapto menjelaskan, pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku satu identitas penumpang hanya untuk satu relasi atau rute KA pada hari yang sama.

Nantinya, sambung Suprapto, penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan kartu identitas asli sesuai nama pada tiket dan e-boarding pass saat melakukan boarding untuk naik KA.

Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.

"KAI melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA lokal," ujar Suprapto.

Menurutnya, saat ini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui ponsel di mana saja dan kapan saja.

Ia berharap, dengan kemudahan pemesanan ini, jumlah penumpang KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terus meningkat.

"Tercatat pada tahun 2017, jumlah penumpang KA Lokal di wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 5.413.358 penumpang. Di tahun 2018, naik sebesar 8 persen menjadi 5.585.342 orang," imbuh Suprapto.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com