Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sangihe Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 01/03/2019, 08:47 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,3 terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (1/3/2019) pukul 08.00 WIB.

"Lokasi gempa di 4.73 LU, 125.53 BT (123 kilometer TimurLaut Kepulauan Talaud-Sulut), dengan kedalaman 180 kilometer. Tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko dalam keterangan tertulis, Jumat pagi. 

Menurut Edward, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique naik (oblique-thrust fault).

"Dengan memperhatikan lokasi pusat gempa dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng tektonik di bagian utara Kepulauan Sangihe," ujarnya.

Baca juga: BPBD Bangun Posko Kesehatan dan Dapur Umum di Lokasi Terdampak Gempa Sumbar

"Sampai saat ini belum ada informasi bahwa gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat," sebut Edward.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang mengatakan, gempa yang terjadi tidak terasa di Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal. Masyarakat tetap merasa aman," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com