Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri dan Anak Enggan Pulang ke Rumah, Petani Bunuh Diri di Pohon Karet

Kompas.com - 28/02/2019, 21:45 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Lantaran anak dan istrinya menolak pulang ke rumah, Sarwani (37), warga Dusun III Desa Lumpatan, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di pohon karet.

Informasi yang dihimpun, Sarwani pertama kali ditemukan tewas di pohon karet oleh Sugito (27) ketika saksi hendak pergi ke kebun. Ia terkejut melihat korban sudah tewas tergantung.

Sugito lantas memberitahukan kejadian itu kepada Bakri (75) yang merupakan paman korban hingga akhirnya dilaporkan ke polsek setempat.

Kapolsek Babat Toman AKP Ali Rozikin mengatakan, dari hasil pemeriksaan beberapa saksi, motif Sarwani gantung diri diduga dipicu masalah rumah tangga.

Baca juga: Usai Dirawat di RS, Pensiunan Polri Bunuh Diri Terjun ke Sungai

Sebab, sebelum tewas, Sarwani nampak putus asa lantaran anak dan istrinya enggan pulang ke rumah meskipun telah tiga kali dijemput.

"Korban sudah dua hari menginap di rumah pamannya itu dan bercerita jika istri dan anaknya tak mau pulang ke rumah. Sebelum gantung diri, korban sempat pamit buang air besar di belakang rumah," kata Ali saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: Banyak yang Merekam tetapi Tak Menolong, Ini Fakta Kasus Mahasiswa Bunuh Diri di Lampung

Ali melanjutkan, saat ini jenazah korban telah dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum. Dari hasil pemeriksaan, petugas tak menemukan tanda kekerasan di tubuh Sarwani.

"Dugaannya karena masalah keluarga sehingga nekat mengakhiri hidup," ujarnya.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri.

Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada. Berikut daftar layanan konseling yang bisa Anda kontak maupun untuk mendapatkan informasi seputar pencegahan bunuh diri:

Gerakan "Into The Light"

Facebook: IntoTheLightID
Twitter: @IntoTheLightID
Email: intothelight.email@gmail.com
Web: intothelightid.wordpress.com

Save yourself

Facebook: Save Yourselves
Instagram: @saveyourselves.id
Line: @vol7047h
Web: saveyourselves.org

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com