Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Sandi Diusir Pedagang Ikan Labuan Bajo, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 28/02/2019, 12:44 WIB
Markus Makur,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Sebuah video yang diunggah akun YouTube Indozen Official berjudul "Detik2 Sandi Diusir Pedagang karena Halangi Dagangan" menarik perhatian netizen. Video itu memperlihatkan seorang pedagang ikan tampak berteriak di belakang calon presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Pedagang ikan itu berteriak hingga harus ditenangkan oleh seorang perempuan berseragam hitam. 

"Woi, jangan injak di atas, tidak boleh, tidak boleh. Orang mau belanja datang di sini, di luar saja," teriak penjual ikan itu.

Tampak Sandi yang hendak diwawancarai sejumlah wartawan terdiam sejenak menunggu penjual ikan itu untuk tenang. Di belakang Sandi, penjual ikan itu tampak masih berusaha ditenangkan oleh perempuan berseragam hitam.

Sandi kemudian melanjutkan wawancaranya dengan awak media.

Diketahui kejadian itu berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Sandiaga Uno: Di NTT Ini Cari Kerja Gampang atau Susah?

Ketua Tim Rumah Juang Prabowo-Sandiaga Uno Kabupaten Manggarai Barat sekaligus ketua panitia kunjungan Sandi di Kabupaten Manggarai Barat Fidelis Syukur saat dikonfirmasi mengatakan, pedagang itu bukan mengusir Sandi, melainkan mengusir seorang pengunjung yang sedang mengambil gambar Sandi saat diwawancara wartawan di lokasi tersebut.

Pedagang ikan bernama Kornelis itu marah karena pengunjung itu menginjak lapak ikan miliknya.

"Bukan marah kepada cawapres Sandiaga Uno, melainkan mengusir pengunjung yang sedang mengambil gambar atau foto cawapres yang sedang diwawancara wartawan di lokasi yang tak jauh dari lapak ikan milik penjual Ikan, Kornelis. Postingan media online dan media sosial lari jauh dari keaslian yang terjadi di lokasi Pasar Ikan Labuan Bajo," ujar Fidelis, Kamis (28/2/2019).

Fidelis menilai apa yang diberitakan sejumlah media online terkait kejadian itu tidak sesuai fakta.

"Saya minta jangan jadikan berita online yang tak sesuai dengan fakta lapangan, memprovokasi apa yang terjadi di lapangan yang tidak sesuai dengan kejadian aslinya. Kami sangat pusing membaca media online, apalagi sudah viral yang tak sesuai dengan kejadian sebenarnya," ujarnya.

Baca juga: Istri Sandiaga Uno: Jangan Kasih Kendor Ya Mak...


Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manggarai Barat selaku pengelola TPI Labuan Bajo Yeremias Ontong mengatakan telah meminta penjelasan pedagang ikan tersebut. Pedagang itu menjelaskan bahwa dia tidak mengusir Sandi, tetapi mengusir pengunjung yang menginjak dagangannya.

"Saya sudah tanya pedagang ikan di Pasar Ikan Labuan Bajo, Kornelis. Intinya, pedagang itu bukan mengusir Sandi, melainkan mengusir pengunjung yang sedang mengerumuni cawapres Sandiaga Uno ketika mengambil gambar atau foto dengan handphone dan kamera saat menginjak ikan di lapak ikan tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com