Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Riau Sebut Separuh Lahan yang Terbakar di Bengkalis Sudah Padam

Kompas.com - 27/02/2019, 15:22 WIB
Idon Tanjung,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan, saat ini sudah hampir separuh lahan yang terbakar di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, berhasil dipadamkan.

"Sekarang yang masih dilakukan pemadaman titik asap sekitar 38 sampai 40 hektar lagi. Artinya sudah berkurang hampir separuh setelah Panglima TNI hadir bersama kita ke sini," ujar Edy saat meninjau upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di Jalan Kampung Baru, Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Rabu (27/2/2019).

Baca juga: Kabut Asap Berkurang, Anak-anak di Rupat Bengkalis Kembali Sekolah

Edy mengatakan, berkurangnya lahan yang terbakar tersebut salah satunya karena penambahan personil pemadam serta mesin pompa.

Edy menyebut, saat ini tim Satgas Karhutla terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat, melakukan penyekatan-penyekatan agar api di dalam gambut agar tidak meluas.

Menurut Edy, sementara ini peralatan untuk pemadaman karhutla sudah mencukupi, termasuk jumlah personil di lapangan.

"Untuk kendala peralatan, saat ini cukup. Tapi kalau memang ada tambahan alat untuk di standbykan di sini, itu sebagai antisipasi bisa saja. Karena asap ini dari kemarin ternyata dua hari terjadi panas, asap muncul lagi dibeberapa titik. Pada saat Panglima TNI kembali dari lokasi kemarin, itu malamnya hujan ada sekitar setengah jam dan itu sangat signifikan untuk membantu api padam," ujar Edy.

Baca juga: 5 Fakta Bencana Karhutla di Bengkalis, Anak-anak Terserang ISPA hingga Dibantu Hujan Buatan

Edy dua kali meninjau upaya pemadaman karhutla di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat. Sebelumnya dia datang mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang melakukan peninjauan di lokasi yang sama, Sabtu (23/2/2019) lalu.

Saat itu kondisi karhutla masih sangat parah dan menimbulkan kabut asap tebal.

Kebakaran lahan di Kecamatan Rupat sudah lebih dari satu bulan. Luas lahan yang terbakar mencapai ribuan hektar, yang terdiri dari kebun karet, sawit milik masyarakat serta semak belukar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com