Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Resahkan Warga, Seekor Buaya Sepanjang 2 Meter Ditangkap di Seram

Kompas.com - 27/02/2019, 14:46 WIB
Rahmat Rahman Patty,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Seekor buaya muara ditangkap warga di Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Rabu (27/2/2019).

Buaya sepanjang dua meter ini ditangkap karena kerap muncul dan meresahkan warga desa.

Buaya ditangkap setelah warga memasang jerat di sebuah kolam dekat pantai di desa itu yang dicurigai sebagai tempat munculnya buaya tersebut. Setelah ditangkap, warga kemudian mengikat buaya itu.

“Sudah satu bulan terakhir warga selalu melihat penampakan buaya ini, sehingga mereka menjadi resah dan akhirnya memasang jerat,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Kemunculan Seekor Buaya Putih Hebohkan Warga Topoyo Mamuju Tengah

Mukhtar mengatakan, selain melihat penampakan buaya tersebut, banyak warga mengeluh karena hewan peliharaan mereka juga kerap hilang secara misterius.

“Jadi mengingat keberadaan buaya tersebut dianggap mengancam warga sekitar, akhirnya warga membuat jerat berupa tali dan buaya tersebut berhasil ditangkap dalam keadaan hidup,” ungkapnya.

Setelah buaya ditangkap, warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada petugas BKSDA di wilayah tersebut dan juga kepada Polsek Kairatu dan petugas Taman Nasiional Manusela untuk diamankan.

“Buaya tersebut langsung dibawa ke Kota Ambon untuk dilakukan treatment berupa pengobatan terhadap luka di mulutnya,” katanya.

Baca juga: Geledah Rumah Pengedar Narkoba, Polisi AS Temukan Buaya di Dapur

Setelah menjalani pengobatan, buaya itu akan dilepasliarkan ke habitatnya di Sungai Sapalewa di Desa Wahai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com