Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Pagi, Gempa Magnitudo 5,1 Kembali Guncang Talaud

Kompas.com - 27/02/2019, 09:28 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (27/2/2019) pukul 07.11 WIB.

"Lokasi gempa bumi di 5.15 LU,127.20 BT (134 kilometer TimurLaut Kepulauan Talaud-Sulut), dengan kedalaman 122 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Rabu pagi.

Menurut Edward, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng laut Filipina.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Talaud ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault)," ujarnya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Talaud, Tak Berpotensi Tsunami

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Talaud, Bonifasius Wangkanusa menyatakan, gempa yang baru terjadi tidak dirasakan di Kecamatan Melonguane, ibu kota Kabupaten Talaud.

"Begitu juga kecamatan lain belum ada informasi terkait gempa ini," katanya.

Berdasarkan informasi dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi @infoBMKG, gempa 5,1 yang mengguncang Talaud, tidak berpotensi tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com