Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Kunjungan Prabowo di Jombang, Dapat Buku Kebangsaan hingga Disambut Spanduk Pendukung Jokowi

Kompas.com - 26/02/2019, 12:24 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mendapat sejumlah buku bacaan saat mengunjungi Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (24/2/2019).

Buku tentang wawasan kebangsaan tersebut diberikan oleh pengasuh Pesantren Shiddiqiyah, KH Muchammad Muchtar Mu'ti.

Sementara itu, para pendukung calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Jombang, turut menyambut kedatangan Prabowo dengan memajang spanduk bertuliskan tentang sikap mereka untuk tetap memilih Jokowi-Ma'ruf.

Berikut ini fakta-fakta kedatangan Prabowo ke Jombang yang dirangku Kompas.com:

1. Prabowo dapat sejumlah buku dari Kyai Muchtar

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya saat berkunjung di Pondok Pesantren Syalafiah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Senin (25/2/2019). Kunjungan Prabowo ke Situbondo tersebut, selain berziarah ke makam Tokoh Pahlawan dan Inspirator kelahiran Nahdlatul Ulama RKH Asad Syamsul Arifin, juga bersilaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Syalafiah Syafiiyah. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/ama.ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya saat berkunjung di Pondok Pesantren Syalafiah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Senin (25/2/2019). Kunjungan Prabowo ke Situbondo tersebut, selain berziarah ke makam Tokoh Pahlawan dan Inspirator kelahiran Nahdlatul Ulama RKH Asad Syamsul Arifin, juga bersilaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Syalafiah Syafiiyah. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/ama.

Prabowo Subianto, mendapatkan "oleh-oleh istimewa" saat berkunjung ke Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (24/2/2019).

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, KH Irfan Yusuf menyampaikan, saat bertemu pengasuh Pesantren Shiddiqiyah, KH Muchammad Muchtar Mu'ti, Prabowo diberi sejumlah dokumen penting terkait wawasan kebangsaan.

"Tadi beliau, Kiai Muchtar memberikan banyak berkas untuk dipelajari Pak Prabowo sebagai bahan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kita dan memperdalam kecintaan masyarakat terhadap negara bangsa ini," kata Irfan Yusuf saat ditemui seusai kunjungan Prabowo di Pesantren Shiddiqiyah.

Baca Juga: Di Pesantren Shiddiqiyah Jombang, Prabowo Dapat "Oleh-oleh" Istimewa

2. Prabowo kagum atas sistem pendidikan kebangsaan ponpes milik Kyai Muchtar

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyapa para pendukungnya saat menghadiri Dialog Kebangsaan di GOR Kota Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (24/2/2019). Prabowo berdialog dengan pengurus dan anggota Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI). ANTARA FOTO/Syaiful Arif/ama.ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyapa para pendukungnya saat menghadiri Dialog Kebangsaan di GOR Kota Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (24/2/2019). Prabowo berdialog dengan pengurus dan anggota Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI). ANTARA FOTO/Syaiful Arif/ama.

Menurut Prabowo, pesantren yang berada di wilayah bagian utara Kabupaten Jombang tersebut merupakan salah satu pesantren yang konsisten menjaga nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap Tanah Air.

Pernyataan tersebut mengacu pada sikap dan kebijakan Pesantren Shiddiqiyah yang menekankan kepada santri dan keluarga besar pesantren, bahwa cinta Tanah Air merupakan bagian dari iman.

"Saya lihat, pesantren ini bukan main nilai kebangsaan yang dipertahankan. Saya mantan tentara, mantan prajurit, mantan TNI, waktu dulu kita memandang bahwa sekolah-sekolah TNI yang paling nasionalis dan paling kebangsaan, ternyata pesantren ini tidak kalah," kata Prabowo.

Ia berkunjung dengan didampingi Rachmawati Soekarno Putri serta dua orang keturunan pendiri NU, yakni KH Irfan Yusuf dan KH Hasib Wahab Chasbullah.

Baca Juga: Selisih Suara Jokowi dengan Prabowo di Jabar Diklaim Tinggal 4 Persen

3. Mendapat sambutan para pendukung Jokowi di Jombang

Para pendukung Jokowi - Maruf Amin menyambut kedatangan Prabowo Subiyanto yang melakukan kunjungan ke Pesantren Siddiqiyah Ploso Kabupaten Jombang, Minggu (24/2/2019).KOMPAS.com/MOH. SYAFII Para pendukung Jokowi - Maruf Amin menyambut kedatangan Prabowo Subiyanto yang melakukan kunjungan ke Pesantren Siddiqiyah Ploso Kabupaten Jombang, Minggu (24/2/2019).

Kunjungan Prabowo ke wilayah Jombang mendapatkan sambutan selamat datang dari para pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com