Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Puting Beliung di Sumedang, Warga Berharap Bantuan Pemerintah

Kompas.com - 24/02/2019, 12:41 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pascaditerjang angin puting beliung, Sabtu (23/2/2019) petang, 4 rumah di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengalami rusak berat.

Selain merusak 22 rumah di Dusun Babakan Hurip RW 08, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, angin puting beliung juga merusak 3 hektar lahan padi dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

"Ada 4 rumah yang rusak berat akibat angin puting beliung kemarin. Selain itu, 3 hektare lahan padi, usia tanaman 2,5 bulan milik petani rusak dan terancam gagal panen," ujar Ketua RW 08 Asep Subita kepada KOMPAS.com di lokasi, Minggu (24/2/2019) siang.

Baca juga: 22 Rumah di Sumedang Rusak akibat Angin Puting Beliung

Asep menuturkan fasilitas umum seperti masjid dan sarana prasarana lingkungan lainnya juga mengalami rusak ringan.

"Untuk masjid hari ini mulai diperbaiki secara swadaya oleh warga. Untuk 4 kepala keluarga yang rumahnya rusak berat sementara ini sudah dievakuasi dan tinggal di rumah keluarganya untuk sementara," ucapnya.

Asep berharap, Pemkab Sumedang turun membantu warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

"Baru dari BPBD yang membantu evakuasi. Kami berharap Pemkab Sumedang turun membantu, khususnya bantuan berupa material bangunan untuk warga yang rumahnya rusak berat," ucapnya.

Di tempat yang sama, salah seorang petani Acuh Cahyaman (55) mengaku akibat kerusakan lahan padi seluas 3 hektar ini, 12 petani merugi sekitar 20 kuintal padi.

"Kalau melihat kerusakan seperti ini pastinya tidak akan bisa dipanen. Soalnya ini tanaman padi juga baru umur 2,5 bulan. Kami berharap pemerintah membantu meringankan kegagalan panen ini. Dari 3 hektar biasanya menghasilkan tidak kurang dari 20 kuintal," katanya.

Kompas TV Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi pada Jumat siang. Puting beliung pun merusak rumah warga hingga sebuah SPBU. Inilah video amatir hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Sukabumi, Jumat siang. <br />
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com