Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Rumah di Sumedang Rusak akibat Angin Puting Beliung

Kompas.com - 23/02/2019, 19:33 WIB
Aam Aminullah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Sebanyak 22 rumah di Dusun Babakan Hurip RT 02/08, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat rusak diterjang angin puting beliung, Sabtu (23/2/2019) sore.

Supervisor Pusat Data dan Laporan Operasional Pusdalops BPBD Sumedang Ruli Surya mengatakan, angin puting beliung terjadi saat hujan lebat mengguyur kawasan Sumedang sekitar pukul 15.00 WIB.

"Angin puting beliung terjadi sesaat sebelum hujan turun tadi sekitar pukul 15.00-an," ujar Ruli kepada Kompas.com, di lokasi kejadian, Sabtu petang.

Baca juga: Kesaksian Petugas SPBU Saat Puting Beliung Landa Sukabumi, Angin Kencang 15 Menit, Atap Berjatuhan

Dari 22 rumah yang mengalami kerusakan, Ruli menyebutkan, tiga rumah rusak berat, dan 19 rumah lainnya rusak ringan.

"Selain merusak puluhan rumah, angin puting beliung juga mengakibatkan sejumlah pohon di lokasi ini tumbang," kata dia.

Selain 22 rumah rusak, angin puting beliung juga mengakibatkan 4 pohon tumbang yaitu pohon kepala, pohon alpukat, pohon limus, dan pohon bambu.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian material dari laporan yang kami catat baru Rp50 juta akibat rumah warga yang rusak. Tapi belum di-assesment karena belum tercatat semua," ujar Ruli.

Baca juga: Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Sukabumi

Ruli mengatakan, selain melakukan evakuasi warga, BPBD Kabupaten Sumedang juga mulai membantu warga memperbaiki rumah yang rusak akibat angin puting beliung.

"Sementara ini kami membantu evakuasi warga dan memperbaiki rumah yang rusak. Akan kami laporkan segera dan semoga bisa segera turun bantuan, khususnya untuk warga yang rumahnya rusak berat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com