Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Minta Bantuan Kapolda Pantau BBM Satu Harga di Maluku

Kompas.com - 23/02/2019, 07:43 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian menjamin penyaluran stok Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di Pulau Buru, Maluku, akan berjalan lancar.

“Kami menjamin penyaluran stok BBM kesini berjalan aman,” kata Iin saat menjawab pernyataan kepada wartawan seusai meresmikan lembaga penyalur BBM satu harga di Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, Jumat (22/2/2019).

Baca juga: Warga Pulau Terpencil di Maluku Kini Bisa Nikmati BBM Satu Harga

Selain itu, Iin juga memastikan bahwa harga BBM di wilayah terpencil di Maluku, setelah beroperasinya lembaga penyalur satu harga tersebut, sama dengan harga BBM di wilayah lainnya di Indonesia.

“Dijamin, pasti. Esensi satu harga adalah menjamin suplai kebutuhan masyarakat, jadi harganya sama dengan saudara-saudara kita yang ada di Pulau Jawa," tegasnya.

Baca juga: BPH Migas Sebut Ada Kepala Daerah yang Hambat Program BBM Satu Harga

 

Meski begitu dia meminta agar Kapolda Maluku dan pemerintah daerah setempat dapat ikut membantu memonitor dan mengawasi harga BBM agar sama dengan wilayah lain.

“Kita juga minta bantuan dari Pak Kapolda dan Pak Bupati untuk monitor dan pengawasannya di sini,” kata Iin.

Pertamina juga mendapat tugas untuk membuka aksesibilitas dan ketersediaan serta menyediakan energi yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya di wilayah yang selama ini masih sulit dijangkau dan menantang.

Baca juga: BPH Migas Targetkan 29 Titik Penyalur BBM Satu Harga Dibangun di 2019

 

Ia menambahkan, pertamina terus berkomitmen untuk melayani masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ini adalah wujud upaya Pertamina untuk merajut nusantara," ujarnya.

Adapun penyaluran stok BBM ke lembaga penyalur satu harga di Kecamatan Air Buaya berasal dari TBBM Namlea yang berjarak sekitar 100 km dengan jarak tempuh 3 jam perjalanan darat. Kuota stok BBM per bulan untuk Premium sebesar 60 KL dan Solar 20 KL.

“Jadi penyalurannya sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Hingga Akhir 2018, BBM Satu Harga Hadir di 131 Lokasi

Kapolda Maluku Irjen Polisi Royke Lumowa yang hadir dalam acara itu ikut mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada pertamina atas segala usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan BBM di wilayah Maluku.

“Kami senantiasa mendukung kontinyuitas penyaluran BBM di wilayah Maluku sehingga kondisi terus kondusif, dan tentu kami akan membantu untuk mengawasi penyaluran dan harga BBM di wilayah Maluku,” ungkapnya.

Kompas TV BPH Migas menargetkan program BBM satu harga bisa dirasakan di 73 titik di Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com