Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Asap Kebakaran Lahan, Warga Riau Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Kompas.com - 22/02/2019, 15:30 WIB
Robertus Belarminus

Editor

Sumber

PEKANBARU, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan atau Diskes Provinsi Riau meminta masyarakat bersiap siaga menghadapi persoalan kesehatan yang timbul akibat kabut asap di Riau.

Sebab, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai terjadi di beberapa daerah seperti Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan, pihaknya telah siap siaga menangani warga yang terkena penyakit yang disebabkan kabut asap. Termasuk menyiapkan masker, tenaga medis, maupun ketersediaan obat-obatan.

Baca juga: Kepala BNPB Ajak Masyarakat Ikut Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Sosialisasi dan informasi dilakukan kepada warga, agar jika terjadi kabut asap akibat karhutla untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Jika memang tidak ada keperluan, sebaiknya warga berdiam di dalam rumah untuk menghindari permasalahan kesehatan.

"Jika pun harus keluar rumah, sebaiknya pakai masker. Agar tidak kena asap. Tapi, memang sekarang belum ada asap, untuk siap siaga saja," kata Mimi, seperti dilansir dari TribunPekanbaru.com, Jumat (22/2/2019), .

Pihaknya juga telah berkoordinasi dan mengkomunikasikan seluruh Diskes kabupaten dan kota, agar mempersiapkan diri mengantisipasi karhutla di daerah masing-masing, dan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan.

Selain itu, seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh Riau juga diminta mempersiapkan diri dalam menangani masyarakat yang terdampak karhutla.

Baca juga: Ditolak di Sukabumi, Jenazah Korban Kebakaran Dibawa ke Depok

"Sebenarnya, memang semua (Diskes) kabupaten dan kota serta seluruh puskesmas sudah siap jika terjadi karhutla. Tapi, kami imbau lagi supaya lebih mempersiapkan diri," tutur dia.

Pihaknya telah mengirimkan 800 kotak masker ke Dumai atas permintaan pemerintah daerah. Sebab, daerah tersebut paling parah terpapar asap yang dihasilkan karhutla.

---------------

Artikel ini sudah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul: "Antisipasi Kabut Asap Akibat Karhutla, Diskes Riau Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas di Luar Rumah" / (Penulis: Johannes Wowor Tanjung/Tribunpekanbaru.com)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com