Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Jokowi Ajak Ibu-ibu Tak Pakai Kantong Plastik Saat Berbelanja

Kompas.com - 20/02/2019, 16:19 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi


AMBON,KOMPAS.com-Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak ibu-ibu dan para wanita di Ambon untuk tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja di pasar.

Ajakan itu disampaikan Iriana saat berdialog dengan sekitar 500 perempuan dari berbagai komunitas termasuk ibu-ibu penyapu jalan dalam acara sosialisasi bertema "Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara" di Tribun Lapangan Merdeka, Rabu (20/2/2019).

Dalam kegiatan itu, Iriana bersama rombongan OASE Kabinet Kerja yang merupakan para istri dari sejumlah menteri kabinet kerja saat ini juga ikut membagikan tas ramah lingkungan kepada ratusan ibu-ibu tersebut.

“Kalau ke pasar tidak usah lagi memakai tas keresek, nanti diganti saja dengan tas ini nanti dapat semua,” kata Iriana saat berdialog dengan para ibu-ibu tersebut.

Baca juga: Iriana: Jangan Buang Sampah Sembarangan Apalagi Sampah Plastik

Iriana menjelaskan, sampah plastik, termasuk sedotan, sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga harus dihindari penggunaannya.

”Sedotan plastik juga harus dihindari dan sekarang bisa memakai sedotan dari bambu,” ujarnya.

Dalam dialog tersebut, salah seorang ibu penyapu jalan sempat mengacungkan jari dan bertanya kepada Iriana.

"Dari tadi kami mendengarkan arahan untuk tidak boleh menggunakan kantong plastik. Lalu bagaimana kalau kita membeli ikan di pasar? Mau dimasukkan di mana?,"tanya ibu tersebut.

Saat itu Ratnawati Jonan, istri dari Menhub Ignasius Jonan pun bingung menjawabnya.

"Kalau begitu minta penjual pakai tali saja lalu diikat," jawab Ratnawati.

Sambil mengerakkan tangannya, ibu penyapu jalan yang bertanya itu menjawab di Ambon tidak menggunakan tali. Jawaban itu membuat para anggota OASE makin bingung.

"Kalau memang belum ada tas ramah lingkungan, minimal dikurangi penggunaan kantong plastik,"ujar Ratnawati. 

Kompas TV Tiba di lokasi debat Pilpres Capres nomor urut 01 Joko Widodo ungkap persiapan sebelum debat kedua. Selain mempersiapkan materi debat, Jokowi juga menyempatkan diri untuk berolahraga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com