Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Prabowo Disambut Pendukung Jokowi di Surabaya, Acungkan Dua Jari hingga Massa Hendak Dibubarkan

Kompas.com - 20/02/2019, 13:56 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Saat rombongan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melintas di Jalan Bulak Rukem Timur II Surabaya, Jawa Timur, massa pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin tampak berjejer di pinggir jalan dan meneriakkan nama Jokowi.

Sementara itu, para pendukung Prabowo Subianto yang ada di sekitar lokasi juga tak mau kalah meneriakkan nama Prabowo.

Sejumlah anggota kepolisian tampak berjaga-jaga untuk mencegah adanya bentrokan antara dua pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden itu.

Berikut ini fakta lengkap kunjungan Prabowo di Surabaya pada Selasa (19/2/2019):

1. Alasan pendukung Jokowi menyambut Prabowo

Kendaraan Prabowo Subianto saat melintas di kerumunan massa pendukung Jokowi di Jalan KH Tambak Deres Surabaya, Selasa (19/2/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Kendaraan Prabowo Subianto saat melintas di kerumunan massa pendukung Jokowi di Jalan KH Tambak Deres Surabaya, Selasa (19/2/2019)

Suasana ramai tampak di Jalan KH Tambak Deres, Surabaya, Selasa (19/2/2019), ketika rombongan Prabowo Subianto melintas.

Tampak massa pendukung Jokowi berjejer di jalan dan menyambut kedatangan Prabowo. Dari pantauan Kompas.com di lokasi, massa meneriakkan yel-yel dan jingle kampanye dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.

Massa juga membentangkan spanduk yang berisi dukungan kepada pasangan itu. Jessica, warga Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Surabaya, mengatakan hal itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa warga daerah tersebut adalah pendukung Jokowi.

"Kami hanya ingin menunjukkan bahwa daerah kami di sini adalah daerah pendukung Jokowi. Itu saja. Kami tidak ada rencana menghadang," ujarnya.

Baca Juga: Politisi PSI: Prabowo Takut dengan Unicorn dan Investasi

2. Prabowo hanya tersenyum melihat pendukung Jokowi

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto usai menghadiri acara Majelis Taklim Tambak Deres Surabaya, Selasa (19/2/2019).KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto usai menghadiri acara Majelis Taklim Tambak Deres Surabaya, Selasa (19/2/2019).

Massa pendukung Jokowi juga tampak di pertigaan Jalan Bulak Rukem Timur II, Surabaya. Mereka terus menyanyikan yel-yel tepat saat mobil Toyota Alphard yang ditumpangi Prabowo melintas.

Teriakan "Jokowi" terus menggema saat rombongan Prabowo melintas dan kadang terdengar teriakan pendukung Prabowo.

Sementara itu, Prabowo sempat membuka kaca jendela mobil dan tersenyum kepada para pendukung Jokowi. 

Saat itu Prabowo direncanakan menghadiri acara Silaturahim Ahlith Thoriqoh Syathoriyah Annahdliyah di Majelis Taklim Kyai Tambak Deres, Surabaya.

Baca Juga: Lewati Massa Pendukung Jokowi, Prabowo Acungkan 2 Jari 

3. Prabowo acungkan dua jari kepada pendukung Jokowi

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat menghadiri silaturahim para ulama dan kiai se-Jawa di Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqoh Syathoriyyah An-nahdliyyah Tambak Deres, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/2/2019). Dok. Tim media pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat menghadiri silaturahim para ulama dan kiai se-Jawa di Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqoh Syathoriyyah An-nahdliyyah Tambak Deres, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/2/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com