Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kembali Guncang Ternate dengan Magnitudo 5,9, Dirasakan hingga Manado

Kompas.com - 20/02/2019, 08:52 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu (20/02/2019) sekitar pukul 07.10.41 WIB, tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0,77 LU dan 126,2 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 131 km arah barat Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 62 km.

Data dari BMKG gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas faulting/penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah laut di sebelah barat Kota Ternate ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust Fault).

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Ternate, Terasa sampai Manado

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kota Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ternate II-III MMI. Sedangkan di Manado, Bitung, dan Kotamubagu dirasakan II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” kata Kustoro melalui pesan whatsapp.

Hingga pukul 07.28 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kustoro lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com