Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cap Go Meh di Bogor Dibuka 6 Perwakilan Tokoh Agama

Kompas.com - 19/02/2019, 19:31 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor, Jawa Barat, yang dikemas dalam pesta budaya Bogor Street Festival resmi dibuka, Selasa (19/2/2019).

Sejumlah pejabat turut hadir dalam agenda tahunan di Kota Bogor itu, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Agung Budi Maryoto, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, perwakilan kedutaan besar, serta beberapa pejabat lainnya.

Pembukaan acara tersebut juga menghadirkan enam tokoh pemuka agama yang masing-masing mewakili agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, perayaan Cap Go Meh bertajuk Bogor Street Festival ini merupakan ajang pemersatu bangsa di tengah keberagaman.

Baca juga: Puncak Perayaan Cap Go Meh Singkawang Digelar Hari Ini

Bima menuturkan, hal ini merupakan momentum untuk bersama-sama menjaga komitmen untuk saling menghormati dan menghargai.

"Bogor Street Festival bukan hanya peristiwa budaya. Ini persembahan dari Bogor untuk Indonesia, ajang pemersatu bangsa melalui budaya," kata Bima, dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Cap Go Meh Arifin Himawan menjelaskan, event ini merupakan penegasan atas nilai persatuan bangsa yang selalu dijaga oleh Kota Bogor.

Baca juga: 5 Fakta tentang Perayaan Cap Go Meh di Singkawang

Arifin menegaskan, Kota Bogor secara konsisten ingin memperlihatkan semangat toleransi dan pluralisme yang selalu dipelihara sebagai bagian dari masyarakat besar di Indonesia.

"Ini menjadi bukti bahwa semangat pluralisme, nilai toleransi dan kekayaan budaya yang diperlihatkan Kota Bogor sangat efektif mempersatukan warga. Ini juga sebuah fakta betapa masyarakat kita sangat dewasa menjaga kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com