Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Raharja Bantu Pembangunan Dermaga di Maluku Senilai Rp 998 Juta

Kompas.com - 19/02/2019, 16:17 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Perseroan Terbatas (PT) Jasa Raharja menggelontorkan dana ratusan juta rupiah untuk pembangunan dermaga speed boat di Dusun Katapang, Desa Loki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Bantuan anggaran pembangunan dermaga di wilayah terpencil di Pulau Seram itu tertuang dalam penandatanganan kerja sama pembangunan dermaga Katapang antara Kepala Cabang Jasa Raharja Maluku Muhammad Iqbal Hasanuddin dengan Kepala Dusun Katapang Arsyad Syukur M Noer di kantor Jasa Raharja Maluku, Selasa (19/2/2019).

“Total bantuan anggaran untuk pembangunan dermaga speed boat di Dusun Katapang ini senilai Rp 998.500.000,” kata Muhammad Iqbal kepada wartawan di sela-sela penandatangan tersebut.

Iqbal mengatakan, dermaga yang akan segera dibangun itu memiliki panjang 120 meter dan akan dikerjakan oleh pihak ketiga. Bantuan tersebut bersumber dari dana program kemitraan dan bina lingkungan Jasa Raharja Pusat.

Baca juga: Polisi Sita 400 Liter Miras Tradisional Saat Razia di Dermaga Penyeberangan Maluku

Dia mengatakan, pembangunan dermaga tersebut dalam rangka mendukung konektivitas antar-pulau di wilayah Maluku. Dengan begitu, mobilitas barang dan orang dalam mendukung perekonomian warga lebih berkembang secara pesat.

“Apalagi wilayah Maluku ini 93 persen adalah wilayah laut. Kita berharap pembangunan dermaga ini dapat membantu masyarakat dan meningkatkan perekonomiannya,” katanya.

Menurutnya, setelah ditandatangi, dokumen perjanjian kerja sama itu selanjutnya akan dikirim ke Jasa Raharja Pusat di Jakarta untuk segera dilakukan pencairan. Rencananya, pencairan anggaran pembangunan dermaga akan dilakukan secara bertahap.

“Nanti setelah ditandatangani Direktur Keuangan langsung dananya cair. Untuk tahap pertama itu 30 persen, selanjutnya 60 persen dan tahap ketiga itu 10 persen,” ujarnya.

Kepala Dusun Katapang Arsyad Syukur M Noer mengapresaisi kepedulian PT Jasa Raharja Maluku dalam membantu pembangunan dermaga speed boat di dusun tersebut.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Jasa Raharja karena telah membantu kami masyarakat di Dusun Katapang. Ini sangat membahagiakan bagi kami,” ujarnya.

Baca juga: Dermaga III Bakauheni Dinonaktifkan Sementara

Dia pun berharap keberadaan dermaga tersebut nantinya dapat mendukung arus transportasi laut di wilayah itu dan yang terpenting dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga di dusun tersbeut.

"Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih, bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi,” ucap Arsyad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com