Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Mimika Telusuri Kekurangan 1.020 Surat Suara

Kompas.com - 15/02/2019, 20:43 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua tengah menelusuri kekurangan surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPR RI di Mimika.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, ada satu koli surat suara yang berisi 1.020 surat suara yang kurang. Indra mengatakan, seharusnya KPU Mimika menerima 231 koli surat surat khusus untuk DPR RI. Namun, saat diperiksa hanya ada 230 koli.

"Kami masih telusuri satu koli itu," kata Indra kepada wartawan di Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Jumat (15/2/2019).

Baca juga: KPU Sebut Sudah 360 Juta Surat Suara Dicetak dari 939 Juta Kebutuhan

Indra mengatakan, berdasarkan packing list pihak ekspedisi, harusnya ada 938 koli surat suara yang diterima KPU Mimika untuk surat suara pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPR provinsi, dan DPRD.

Namun, saat logistik surat suara itu tiba pada Selasa (12/2/2019) lalu, pihaknya hanya menerima 937 koli.

Satu koli tersebut saat ini sedang ditelusuri, apakah tercecer di gudang surat suara lainnya ataukah ada kekurangan pengiriman.

Sebab, KPU Mimika dalam menyimpan logistik surat suara pilpres, DPD, DPR RI, DPR provinsi, dan DPRD dilakukan secara terpisah di masing-masing gudang.

Menurut Indra, dalam pengecekan di gudang surat suara, pihaknya akan melibatkan Bawaslu, kepolisian dan  pihak ekspedisi.

Baca juga: KPU Jakarta Selatan Terima 522.000 Surat Suara untuk DPR RI

Indra menambahkan, apabila satu koli surat suara tidak ditemukan, maka pihaknya berkoordinasi dengan KPU Provinsi Papua dan pihak ekspedisi.

Sebelumnya, pada Selasa (12/2/2019) KPU Mimika menerima logistik Pemilu berupa surat suara.  Surat suara itu dikirim oleh KPU RI melalui percetakan PT Adi Perkasa, di Makassar, Sulawesi Selatan dengan menggunakan jasa ekspedisi Meta Trans Papua dengan menggunakan kapal laut.

Tiba di Pelabuhan Poumako, surat suara itu kemudian dibawa ke gudang logistik KPU di Jalan Hasanuddin, menggunakan tiga truk dengan pengawasan dari pihak Bawaslu Mimika, serta mendapat pengamanan dari aparat kepolisian.

Di Mimika terdapat 231.265 pemilih yang tersebar di 152 kelurahan dan kampung dari 18 distrik yang ada.

Sedangkan, untuk calon legislatif tingkat kabupaten terdapat 460 orang yang akan memperebutkan 35 kursi DPRD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com