Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miris, Jembatan Gantung di Pedalaman Aceh Utara Ancam Keselamatan Warga

Kompas.com - 15/02/2019, 14:29 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com — Sebuah jembatan gantung di Desa Dayah Seupeung, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara, mengancam keselamatan warga yang melintas.

Terlihat, jembatan penghubung antarkecamatan itu memiliki lantai papan yang lapuk. Sebagian besar sudah jatuh ke sungai sehingga warga harus ekstra hati-hati jika melintas. Salah seorang warga di lokasi jembatan itu, Ismail (36), Jumat (15/2/2019), menyebutkan, jembatan itu dibangun pada 2008.

Baca juga: Cerita Wali Kota Semarang yang Resah Melihat Jembatan Berbahan Bambu

 

Jembatan itu digunakan oleh mayoritas petani untuk mengangkut hasil perkebunan, seperti sawit dan cokelat.

"Ini jembatan satu-satunya yang mudah diakses oleh masyarakat Kecamatan Geuruedong Pase dan Kecamatan Syamtalira Bayu. Kami harap ini bisa direhab. Jangan sampai ada korban jiwa baru direhab,” kata Ismail.

Kondisi jembatan rusak itu, ujarnya, sudah terlihat sejak 2016. Dia menyebutkan, warga pernah swadaya membeli papan untuk menambal lantai jembatan yang bolong.

Namun, kini kondisinya sudah rusak kembali. “Kalau ini dibiarkan terus, kami harus mengarungi sungai nanti buat angkut hasil pertanian karena khawatir kami jatuh kalau melintas di jembatan,” katanya.

Baca juga: Dihadang Buaya Raksasa, Warga Bertaruh Nyawa Lintasi Jembatan Gantung

Sementara Kepala Desa Dayah Seupeng, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, Marzuki Aji menyebutkan, jembatan gantung itu juga mulai miring ke sisi kanan sehingga perlu segera diperbaiki.

“Saya sudah sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Aceh Utara agar direhab. Khawatir juga nanti jembatan itu roboh,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com