Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Gus Ipul untuk Gubernur Khofifah, Atasi Banjir dan Lindungi UMKM

Kompas.com - 14/02/2019, 10:03 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul, mengingatkan dua masalah penting yang dihadapi masyarakat Jawa Timur kepada Gubernur Jawa Timur yang baru, Khofifah Indar Parawansa

Dua masalah tersebut adalah upaya antisipasi bencana banjir dan perlindungan kepada pelaku usaha kecil, di tengan tantangan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Terkait banjir, Gus Ipul mencontohkan ancaman banjir di wilayah Pasuruan.

"Ini cukup merugikan masyarakat seperti di Sampang, Kraton (Pasuruan), dan beberapa tempat lain yang memerlukan perhatian lebih serius ke depan," kata Gus Ipul, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Bertemu Khofifah Jelang Pelantikan Gubernur, Ini Kata Gus Ipul

Sementara itu, untuk masalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengan (UMKM), Gus Ipul menyoroti permasalahan impor susu di tengah tantangan MEA.

"Sebut saja misalnya April nanti impor susu sudah jauh lebih bebas, tidak lagi melalui BPOM dan SNI lagi, yang harganya di bawah 75 dollar," ucap Gus Ipul, saat bersiap-siap meninggalkan di rumah dinas Wagub Jatim di Jalan Imam Bonjol, Surabaya, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, kondisi tersebut bisa menjadi ancaman bagi para pelaku UMKM karena harga dari dari peternak di Jatim jauh lebih mahal dari impor tersebut.

Baca Juga: Didatangi Gus Ipul Jelang Pelantikan Gubernur, Khofifah Sajikan Durian

Gus Ipul berharap, Khofifah dan Emil Dardak mampu membuat Jawa Timur lebih baik. 

"Kita punya modal besar untuk bisa lebih cepat maju dari perolehan yang kita dapat hari ini," kata Gus Ipul.

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul: Gus Ipul Sekeluarga Tinggalkan Rumah Dinas, Ini Pesannya untuk Khofifah Indar Parawansa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com