Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penari Sufi hingga Komunitas Jip Sambut Khofifah-Emil di Surabaya

Kompas.com - 13/02/2019, 13:16 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak bakal disambut meriah di Surabaya Kamis (14/2/2019), sepulang dari pelantikan di Jakarta Rabu (13/2/2019) sore.

Tim kreatif menyiapkan berbagai acara penyambutan dari Bandara Internasional Juanda, Masjid Agung Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan, hingga Gedung Negara Grahadi.

Penyambutan juga melibatkan banyak komunitas, dari komunitas jip mobil kuno, penabuh rebana, penari Remo, hingga 120 penari sufi.

Kata Helmy M Noer, koordinator tim kreatif penyambutan Khofifah-Emil, acara penyambutan  diawali dari Bandara Juanda ke Masjid Agung Al-Akbar.

"Di Masjid Agung, Khofifah-Emil akan melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid dan shalat Dzuhur berjamaah," jelasnya.

Baca juga: Usai Pelantikan, Khofifah-Emil Dardak Tidak Buru-buru Tempati Rumah Dinas

Setelah itu, Khofifah-Emil bersama kelompok organisasi perangkat daerah akan diarak menggunakan jip kuno menuju Tugu Pahlawan. Di Tugu Pahlawan, sudah ada 99 penari Remo yang menyambut.

"Di monumen Tugu Pahlawan, Gubernur Khofifah akan memberikan pidato kebangsaan dan Wagub Emil Dardak akan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka," jelasnya.

Setelah itu kata Helmy, Khofifah-Emil kembali diarak ke Gedung Negara Grahadi menggunakan kereta Ul Daul khas Pamekasan dan diantar oleh rombongan penari Remo, musik Patrol dan Barongsai.

Di Gedung Negara Grahadi sendiri, kata dia, aktivitas penyambutan sudah digelar sejak Kamis pagi dengan pembacaan Khotmil Quran.

"Sampai di Grahadi, selain disambut penabuh rebana, Khofifah-Emil juga disambut 120 penari sufi," jelasnya.

Acara di Gedung Grahadi dilanjutkan dengan doa bersama Khotmil Quran, sambutan gubernur dan wakil gubernur baru, pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan ditutup ramah tamah.

Rabu sore nanti, Khofifah-Emil dijadwal akan dilantik oleh Presiden Jokowi di istana negara. Khofifah-Emil menggantikan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf yang sudah menjabat selama 2 periode sejak 2008. 

Kompas TV Puisi Fadli Zon berjudul doa yang ditukar terus disorot ketua dewan pengarah Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN), Khofifah Indar Parawansa menyarankan Fadli Zon untuk meminta maaf. Khofifah yang mengikuti kegiatan JKSN di Solo, Jawa Tengah Sabtu sore kemarin mengatakan puisi Fadli Zon telah memancing reaksi cukup keras dari masyarakat terutama kalangan santri. Khofifah mengingatkan Fadli Zon bahwa ini saatnya bagi Fadli untuk bertindak sebagai seorang negarawan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com