Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Banjir Bandang, Bupati Bandung Diminta Tanggap Darurat

Kompas.com - 10/02/2019, 16:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Tiga orang tewas akibat banjir bandang di Komplek Jati Endah Regency, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019) malam. Selain itu, banjir itu juga menyebabkan puluhan rumah warga rusak.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Bupati Bandung Dadang Naser melakukan tanggap darurat bencana.

"Saya tadi malam sudah dapat laporan itu kan terjadinya di Kabupaten Bandung. Saya sudah kontak Bupati, sudah saya minta Pak Bupati lewat BPBD-nya untuk tanggap darurat di sana," kata pria yang kerap disapa Emil itu di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Minggu (10/2/2019).

Baca juga: Tiga Orang Tewas dalam Banjir Bandang di Bandung, Salah Satunya Balita

Dia mengatakan, dari laporan sementara, ada 12 rumah yang mengalami rusak berat. Dia pun mengucapkan rasa prihatin dan berharap proses evakuasi berjalan lancar.

"Yang terkena sekitar 12 rumah kalau enggak salah. Mudah-mudahan tidak banyak yang terkendala. Ada tiga yang meninggal saya turut berduka cita dan prihatin. Kami ingin memastikan situasi kembali normal dalam waktu dekat," tambahnya.

Baca juga: Tanggul Jebol di Kabupaten Bandung, Belasan Rumah Warga Rusak

Emil pun mengingatkan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan selama musim penghujan. Khususnya, di daerah bantaran sungai.

"Dan juga saya mengingatkan warga Jabar di musim penghujan ini agar waspada terutama mereka yang banyak di wilayah air yaitu sungai. Karena kondisi ini bisa datang kapan saja, tidak bisa siang atau malam, jadi kewaspaadaan pesan dari saya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com