Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Kardus Kotak Surat Suara Rusak Terkena Air Hujan

Kompas.com - 09/02/2019, 19:46 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Sejumlah kotak surat suara yang tersimpan di dalam gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, rusak pada Sabtu (9/2/2019). Hujan deras dan angin kencang membuat air masuk melalui sela-sela gerbang dan menggenangi sejumlah kotak surat suara yang terbuat dari kardus.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Asep Saefudin Jazuli, memperkirakan, kardus yang terkena air berjumlah sekitar 200 dari total sebanyak 14.745 buah kotak surat suara yang sudah disusun.

KPU Kabupaten Cirebon, kata Asep, membutuhkan sebanyak 33.730 kardus kotak surat suara untuk Pemilu serentak April mendatang.

“Hhtung-hitungan saya tidak banyak, paling 100 sampai 200 buah kotak yang terkena air. Saya optimis, tidak semuanya yang dianggap rusak, karena pas dijemur sudah kembali mengering, dan kembali layak sebagai logistik pemilu,” kata Asep.

Pantauan Kompas.com di dalam gudang, bekas garis permukaan air masih sangat tampak jelas di bagian bawah kardus. Tingginya bervariasi sekitar 5 hingga 10 sentimeter. Sebagian lantai di beberapa titik juga masih basah, dan terdapat air. Sementara di luar gudang, sejumlah kotak tampak rusak dan sobek.

Asep menjelaskan, kejadian ini di luar prediksi. KPU Cirebon, kata dia, sudah menggunakan gudang yang bertempat di Kecamatan Plumbon lebih dari satu tahun. Namun, baru kali ini air masuk ke dalam gudang dan menggenang.

“Mungkin curah hujan yang tinggi sekali. Ini di luar dugaan. Ada celah yang tingginya sekitar lima centimeter yang ternyata air bisa masuk, mengalir deras, sehingga membasahi bagian bawah kotak surat suara. Kira-kira sepuluh centimeter yang basah oleh genangan air,” kata dia.

Asep mengaku belum sempat melakukan perhitungan secara detail berapa kardus kotak surat suara yang basah. Dia bersama tim KPU lainnya langsung melakukan langkah penyelamatan. Kardus yang basah segera dijemur, dan kardus yang masih kering dipindah ke gudang lainnya.

Tim KPU akan menghitung seluruh kotak surat suara yang dinyatakan rusak untuk segera diganti. Dia memastikan meski sempat terkena air, kotak surat suara tetap aman dan akan segera tertangani sebelum digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com