Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Seniman dan Budayawan Sumedang Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 09/02/2019, 17:48 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi


SUMEDANG, KOMPAS.com - Ratusan seniman dan budayawan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Deklarasi yang dikemas dengan pentas seni budaya ini dilaksanakan di kompleks Sabusu (Saung Budaya Sumedang), Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Sabtu (9/2/2019) siang.

Hadir saat deklarasi, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Ketua DPC PDI Perjuangan Sumedang Irwansyah Putra.

Baca juga: Alumni Menteng 64 Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Maruf

Ketua Relawan Dulur Joko, Agus Sonjaya mengatakan, selain deklarasi, ribuan pelaku seni dan budaya di bawah naungan relawan Dulur Joko ini pun mengikrarkan janji untuk memenangkan pasangan capres nomor urut 01.

"Kami, pelaku seni dan budaya Sunda di Sumedang yang tergabung dalam relawan pemenangan Dulur Joko, dengan ini telah menyepakati untuk mendukung, mengawal dan memenangkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Kiai Ma'ruf Amin," ujarnya kepada KOMPAS.com usai mengucap ikrar di Sabusu, Sabtu.

Agus mengatakan, seniman budayawan Sumedang bersepakat untuk mendukung, mengawal, dan memenangkan pasangan Jokowi-Amin di Pilpres 2019.

"Dukungan ini datang dari hati nurani kami (seniman, budayawan) yang berkeinginan Jokowi-Amin melanjutkan kepemimpinan periode 2019-2024," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua TKD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra mengapresisai seniman dan budayawan yang telah menyatakan dukungannya untuk pasanagn nomor urut 01.

"Untuk target suara Jokowi-Amin di Sumedang 60 persen. Kami optimis mampu meraihnya dan memenangi kontestasi Pilpres 2019," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menyebutkan, dukungan ini makin menunjukkan bahwa kecintaan warga akan Jokowi tidak memudar.

"Dukungan ini nyata. Mereka tidak dipaksa, ini kesadaran dari para seniman budayawan di Sumedang. Ini juga menunjukkan bahwa kinerja Pak Jokowi sebagai presiden selama 5 tahun ini benar-benar dirasakan warga. Kami optimis, Jokowi-Amin akan menang di Jawa Barat," kata Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat ini. 

Kompas TV Hari ini (9/2) puncak peringatan Hari Pers Nasional digelar di Surabaya, Jawa Timur.Presiden Jokowi yang hadir dalam acaraberpesan agar media terus mengedukasi masyarakat, memberitakan informasi dan kritik yang membangun, serta dapat menjadi penjernih atau penyaring informasi, ditengah gencarnya informasi bohong yang beredar di dunia maya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com