Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksma TNI Arsyad Abdullah Jabat Danlantamal IV Tanjungpinang yang Baru

Kompas.com - 09/02/2019, 15:00 WIB
Hadi Maulana,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah resmi menjabat Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang.

Arsyad menggantikan Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno setelah dikukuhkan Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang secara militer, Jumat (8/2/2019) kemarin.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, pergantian pejabat bukanlah sekedar pergantian personel semata. Hal ini merupakan salah satu sebagai wujud kepercayaan dari pemimpin TNI AL yang diberikan kepada perwira terpilih.

"Serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak, agar dari waktu ke waktu menjadi lebih baik," kata Margono dalam jumpa pers, Jumat (8/2/2019) kemarin.

Baca juga: Kapal Motor Star 58 Hilang Kontak Saat Menuju Tanjungpinang

Margono melanjutkan, letak geografi wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang sangat strategis, karena terdapat Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan sea lines of trade (SLOT), sea lines of communication (SLOC) dan chokepoint bagi pelayaran internasional.

Selain itu, wilayah tersebut juga dipandang sebagai jalur strategis proyeksi armada laut negara-negara maritim besar, dalam rangka forward presence dan global engagement ke seluruh dunia.

Oleh karena itu, keamanan Selat Malaka dan Selat Singapura menjadi tanggung jawab bersama.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban, melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal IV Tanjungpinang berhasil menggagalkan dan menangkap beberapa tindak pidana yang terjadi di Selat Malaka dan Selat Singapura," jelas Margono.

Baca juga: Langgar UU Pelayaran, Kapal Berbendera Malaysia Diamankan Lantamal IV

Lebih jauh Margono menjelaskan, keberhasilan tersebut merupakan bentuk terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik diantara stakeholder di Kepri dalam menjaga stabilitas keamanan di laut.

Yang bertujuan mendapatkan apresiasi dari dunia intenasional atas menurunnya tingkat tindak kejahatan di Selat Malaka dan Selat Singapura.

"Securiti and Prosperiti merupakan bagian yang tak terpisahkan, kepercayaan dunia terhadap bangsa Indonesia yang tumbuh, seiring dengan situasi keamanan perairan yurisdiksi nasional yang selalu kondusif. Hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional khususnya di bidang maritim," papar Margono.

Selain Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, upacara serah terima jabatan itu juga dihadiri Wagub Kepri, Wakapolda Kepri, Komandan Guspurla Koaramada I, Komandan Guskamla Koarmada I dan para Komandan Lantamal jajaran Koaramada I.

Terlihat juga Komandan Korem 033 Wira Pratama, Komandan Lanud Raja Haji Fisabililah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Instansi Maritim Kepri, Walikota Tanjungpinang serta Tokoh Masyarakat Tanjungpinang.

Kompas TV Pantai Kampung Nipah menawarkan pemandangan Selat Malaka dan sensasi berburu kerang kepah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com