Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulus Raksasa Langka Berusia 50 Tahun Ditemukan di Sleman

Kompas.com - 07/02/2019, 18:50 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seekor bulus atau labi-labi langka ditemukan warga di Sungai Sempor, Dusun Manyaran, Kelurahan Triharjo, Kabupaten Sleman.

Labi-labi Bintang atau bernama ilmiah Chitra Chitra ini diperkirakan berusia 50 tahun dan memiliki ukuran tubuh cukup besar dengan panjang 90 cm dan lebar 60 cm.

Kepala BKSDA DIY Junita Parjanti mengatakan awalnya tanggal 31 Januari 2019 ada laporan dari Komunitas Hulu Jogja bahwa telah ditemukan seekor labi-labi di Sungai Sempor. 

"Tim quick response BKSDA DIY tanggal 1 Februari lalu merespon dan langsung menuju lokasi penemuan," ujar Kepala BKSDA DIY Junita Parjanti saat dihubungi Kompas.com, Kamis (07/02/2019). 

Baca juga: Hujan ES Landa Wilayah Seyegan, Sleman

Tim BKSDA DIY lalu melakukan pendekatan kepada warga yang menemukan. Dari pendekatan dan penjelasan bahwa labi-labi tersebut jenis satwa langka maka warga yang menemukan hewan tersebut dengan sukarela menyerahkannya kepada BKSDA DIY.

"Jadi kita lakukan pendekatan, kita jelaskan bahwa jenis itu dilindungi undang-undang dan langka atau terancam punah, warga mau menyerahkan dengan suka rela," katanya.

Labi-labi ini lantas oleh BKSDA DIY pada Rabu (06/02/2019) diserahkan ke Gembira Loka Zoo.

Terancam punah

Sementara itu, Manajer Konservasi Gembira Loka Zoo Josephine Vanda Tirtayani menyampaikan, labi-labi yang ditemukan jenisnya adalah Labi-labi Bintang atau nama ilmiahnya Chitra Chitra.

"Estimasi usianya sekitar 50 tahun. Ukuran tubuhnya panjang 90 cm dan Lebar 60 cm," ungkapnya.

Baca juga: Sri Sultan: Kasus Pesta Seks di Sleman Memalukan

Vanda menuturkan status di alam liar jenis Chitra Chitra ini terancam punah. Bahkan masuk dalam daftar merah pada Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN).

"Spesies ini kehilangan habitat asli dan hampir punah karena eksploitasi untuk konsumsi makanan manusia dan perdagangan liar," katanya.

"Secara ukuran mungkin bukan yang terbesar, tetapi temuan yang besar karena Ini kan spesies yang langka," imbuhnya.

Menurutnya saat ini labi-labi Bintang ini berada di karantina Gembira Loka Zoo untuk dicek kesehatanya. Dari pemeriksaan ditemukan beberapa luka di tubuh labi-labi berusia 50 tahun tersebut.

Baca juga: Sehari-hari, Terduga Teroris di Sleman Buka Warung Makan

"Ada luka di tubuh kanan dan kiri, lalu bagian atas, terlihat merah. Lukanya dari mana ? Karena apa ? Kita tidak ada informasi langsung," ungkapnya.

Saat ini, Labi-labi sedang dalam proses pengobatan di Karantina. Nantinya setelah kondisinya baik, baru akan dikeluarkan dari Karantina.

"Medis sedang proses mengobatan, sampai dinyatakan boleh keluar, baru kita lepas kelandang. Tentu kita akan sesuaikan pakannya, kita tes ada beberapa jenis ikan, nanti Dia mau yang mana," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com