Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Tak Temukan Pelanggaran Spanduk "Selamat Datang Sandiaga" di Madiun

Kompas.com - 07/02/2019, 11:22 WIB
Muhlis Al Alawi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com — Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Madiun tidak menemukan adanya unsur pelanggaran pemilu menyusul terpasangnya spanduk selamat datang Sandiaga Uno saat berkunjung di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Pantauan Bawaslu Kabupaten Madiun, tiga spanduk Spanduk berlatar belakang warna putih itu bertuliskan "Selamat Datang Bapak Sandiaga Uno di Dolopo, Kabupaten Madiun. Tetapi Mohon Maaf Pilihan Kami Sudah Tetap Jokowi-Ma'ruf" terpasang di tiga titik. Namun, Bawaslu tidak mengetahui pemasang spanduk tersebut.

"Hasil kajian kami tidak ada unsur hoaks dan ujaran kebencian. Itu ekspresi pemilih dan masyarakat. Jadi kajian kita tidak ada muatan-muatan yang melanggar undang-undang pemilu," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar saat dihubungi Kompas.com via telepon selulernya, Kamis ( 7/2/2019) pagi.

Tak hanya itu, hasil kajian Bawaslu Jatim divisi hukum juga menyebutkan tidak ada unsur pelanggaran. Pasalnya, dari redaksionalnya tidak ada unsur-unsur yang provokasi.

Baca juga: Selamat Datang Bapak Sandiaga, tapi Maaf Kami Tetap Jokowi-Maruf

Anwar menyatakan, Bawaslu Kabupaten Madiun tidak mengetahui siapa pemasang spanduk tersebut. Namun, ia mendapatkan informasi pemasangan spanduk serupa juga terjadi di beberapa kota, seperti Kota Madiun dan Ngawi, saat Sandiaga berkampanye.

"Kami tidak tahu pemasangnya. Namun, informasinya dipasang di tiga titik di wilayah Kecamatan Dolopo," ujar Anwar.

Ia menambahkan sampai saat ini belum ada laporan dari warga yang merasa dirugikan terkait pemasangan spanduk tersebut.

Diberitakan sebelumnya, kunjungan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno di wilayah Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, disambut spanduk unik yang dipasang di jalan raya Dolopo-Ponorogo dekat rambu-rambu sebelah selatan Pasar Dolopo, Rabu (6/2/2019) siang.

Spanduk yang tidak diketahui pemasangnya itu mendapatkan banyak perhatian dari warga. Beberapa warga yang melihat sempat memotret spanduk tersebut. 

Baca juga: TKD Jokowi-Maruf Bantah Pasang Spanduk Selamat Datang Sandiaga di Madiun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com