Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pengunjung Pantai Baron Tewas Tenggelam

Kompas.com - 05/02/2019, 17:52 WIB
Markus Yuwono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seorang wisatawan Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, ditemukan tewas setelah tenggelam saat akan menyeberangi sungai yang bermuara di Pantai Baron, Selasa (5/2/2019).

Petugas SAR sudah sering mengingatkan wisatawan untuk tidak nekat berenang, namun kerap tidak mematuhi.

Koordintaor SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan, korban atas nama Tri Raharjo (24) asal Desa Sengon, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Peristiwa itu bermula saat ia bersama tiga rekannya akan menyeberang ke pulau pasir di Pantai Baron.

Baca juga: Imlek 2019, Anies Beli Baju Cheongsam hingga Beri Angpau ke Barongsai

 

Nahas, saat menyeberang, korban hanyut dan tenggelam. "Melihat kejadian ini, petugas SAR yang sedang berjaga langsung melaksanakan operasi pencarian," kata Marjono, saat dihubungi, Selasa.

Setelah mencari selama 20 menit, tim menemukan korban dalam kondisi tak bernyawa. Marjono mengatakan, sudah memberikan peringatan kepada korban dan pengunjung lainnya.

Namun, imbauan tersebut kerap tidak dihiraukan. "Peringatan ini berlaku bagi semua pengunjung. Namun, sering tidak dihiraukan. Saya berharap, untuk keselamatan bersama, para pengunjung jangan bermain di area yang berbahaya," ucap dia.

Baca juga: Kunjungi Vihara Dharma Bhakti, Anies Lepas Burung Pipit sebagai Tradisi Imlek

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto menambahkan, pihaknya sudah memberikan peringatan baik melalui pengeras suara dan papan peringatan.

Bahkan, petugas yang turun langsung seringkali tidak dihiraukan. "Kami sudah sering mengingatkan, tapi banyak pengunjung yang tetap nekat. Jadi, untuk keselamatan bersama tidak hanya tugas dari anggota SAR, tapi juga butuh partisipasi dari pengunjung dengan tidak bermain di area berbahaya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com