Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelenteng Tien Kok Sie Solo Persiapkan Ritual Mandi Budha untuk Sambut Imlek

Kompas.com - 04/02/2019, 16:11 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Berbagai persiapan dilakukan Kelenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo, Jawa Tengah dalam menyambut perayaan tahun baru Imlek 2570 yang jatuh pada Selasa (5/2/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, terlihat para pengurus kelenteng memasang berbagai ornamen perayaan Imlek di tempat ibadah tiga agama (Taoisme, Konghucu, dan Budha) itu.

Ornamen yang mereka pasang itu bermacam-macam jenisnya, antara lain ada lilin, dupa, sesaji berupa buah-buahan, dan altar untuk mandi Budha.

Altar mandi Budha tersebut dihiasi bunga berwarna kuning dan merah. Bunga itu mereka tata dengan rapih dan berhati-hati. Selain itu juga terdapat hiasan rangkaian bunga kertas terpasang di depan pintu masuk maupun di dalam kelenteng.

Baca juga: Vihara Gayatri Berbenah Jelang Tahun Baru Imlek 2019

Sementara di depan kelenteng tepatnya di sebelah kanan pintu masuk terpasang patung babi atau Cu Pat Kai yang merupakan pengawal dari Tom Sam Cong. Patung babi berukuran besar itu dipasang untuk menandakan Imlek 2019 merupakan Tahun Babi.

Seksi ritual Kelenteng Tien Kok Sie Solo Budiyono Tekgianto alias Atek mengatakan, ritual mandi Budha diselenggarakan untuk mengawali prosesi malam perayaan Imlek.

"Ritual (mandi Budha) akan kita laksanakan malam ini nanti mulai sekitar pukul 22.00 WIB," kata Atek, Senin (4/2/2019).

Seorang warga tengah menghias altar untuk ritual mandi Budha dalam menyambut Imlek 2019 di Kelenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Senin (4/2/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Seorang warga tengah menghias altar untuk ritual mandi Budha dalam menyambut Imlek 2019 di Kelenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Senin (4/2/2019).

Dijelaskan, bahwa ritual mandi Budha tersebut bertujuan untuk membersihkan dan melebur semua dosa-dosa manusia. Setelah dosa-dosanya itu dilebur diharapkan manusia itu akan menjalani hidup yang lebih baik.

Baca juga: 5 Tradisi Imlek yang Biasa Dilakukan Orang Tionghoa

"Ritual ini bukan untuk memandikan Sang Budha, tetapi untuk menyucikan diri kita, raga kita dari sifat buruk yang melekat pada diri kita. Sehingga di kehidupan yang akan datang di tahun Babi ini semakin baik," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com