Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Lombok Tengah Tewas Tenggelam saat Bersihkan Sumur dari Bangkai Anjing

Kompas.com - 04/02/2019, 12:39 WIB
Karnia Septia,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Sumardi (50) dan Sudarman (53), warga Dusun Montok Timur, Desa Dasa Baru, Kecamatan Lopang, Lombok Tengah, tewas terjatuh ke dalam sumur, Minggu (3/2/2019).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, I Nyoman Sidakarya mengatakan, keduanya tewas saat membersihkan sumur dari bangkai anjing.

"Petugas siaga kami menerima laporan jam 12.00 WITA dari Bapak Zainudin, Kepala Desa Dasan Baru bahwa ada dua orang jatuh ke dalam sumur. Sesaat kemudian kami menerjunkan tim rescue ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi", kata Nyoman seperti dikutip dalam rilis tertulis, Senin (4/2/2019).

Baca juga: Mencari Rafli, Pelajar SMK yang Hanyut Saat Menolong Temannya yang Tenggelam

Nyoman mengatakan, kejadian berawal saat Sudarman hendak membersihkan sumurnya dari bangkai anjing sekitar pukul 09.00. Sudarman tiba-tiba terpeleset dan jatuh ke dalam sumur yang berisi air dengan kedalaman 5 meter. Sudarman berupaya meminta pertolongan.

Sumardi, tetangga korban yang mendengar teriakan Sudarman berupaya menolong korban dengan melompat ke dalam sumur. Namun, Sumardi dan Sudarman tidak bisa menyelamatkan diri karena kehabisan oksigen.

Nyoman mengatakan, selama proses evakuasi, petugas SAR sempat mengalami kendala karena posisi kedua korban di dalam sumur. Hal ini mengakibatkan SCBA atau alat bantu pernapasan mandiri tidak bisa digunakan di dalam sumur.

Baca juga: Kapal Nelayan Karimun Tenggelam di Laut Papua, 4 Tewas 9 Hilang

"Sehingga peralatan SCBA diganti dengan Scuba (alat bantu pernapasan bawah air mandiri) agar bisa dilakukan penyelaman", ujar Nyoman.

Koordinator lapangan operasi SAR, I Kadek Agus Ariawan dalam rilis mengatakan, tim SAR berhasil mengevakuasi Sumardi pada pukul 13.53 WITA dan disusul 25 menit kemudian korban Sudarman.

"Saat dievakuasi denyut nadi Sumardi sempat kembali setelah mendapatkan penanganan dari tim kesehatan sehingga dibawa ke Rumah Sakit Praya. Namun setelah mendapatkan perawatan lebih lanjut, nyawanya tetap tidak berhasil tertolong. Sedangkan Sudarman dievakuasi dalam keadaan meninggal dan langsung dibawa ke rumah duka," ujar Kadek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com