Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai 5,7 Magnitudo, Empat Gempa Susulan Terjadi di Maluku

Kompas.com - 03/02/2019, 18:04 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dian Maharani

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com — Sebanyak empat kali gempa susulan terjadi setelah gempa berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Minggu (3/2/2019) sore sekira pukul 16.36 WIT.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa susulan pertama terjadi pada pukul 16.50 WIT.

Gempa berkekuatan 3,9 magnitudo itu berada pada lokasi 3.09 lintang selatan dan 130.79 bujur timur atau berjarak 33 kilometer bagian timur Bula dan 103 km bagian timur Kobisonta, Maluku Tengah.

Setelah itu, pada pukul 17.13 WIT, gempa kedua terjadi di lokasi yang sama dengan kekuatan 3,3 magnitudo.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Maluku

Adapun gempa susulan ketiga terjadi pada pukul 17.24 WIT dengan episentrum gempa berada pada lokasi 3.19 lintang selatan dan 130.65 bujur timur atau berjarak 19 km bagian tenggara Bula dan 90 km bagian timur Kobisonta, Maluku Tengah.

Sementara gempa susulan keempat terjadi pada pukul 19.10 WIT. Gempa dengan kekuatan 3,1 magnitudo berada pada lokasi yang sama dengan gempa yang terjadi sebelumnya.

Meski gempa tersebut sangat dirasakan kuat getarannya oleh masyarakat di Kota Bula, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Timur, hingga kini belum ada laporan terkait dengan dampak dari gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com