Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Maluku

Kompas.com - 03/02/2019, 15:50 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, Minggu (3/2/2019) sore.

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 16.36 WIT.

Titik gempa berada pada lokasi 3.07 Lintang Selatan dan 130.79 Bujur Timur atau 33 kilometer timur Bula, SBT dan 103 kilometer bagian timur Kobisonta, Maluku Tengah.

Adapun gempa tersebut berada di bawah permukaan laut dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sejumlah warga di Kota Bula, Ibu Kota Kabupaten Seram Bagian Timur yang dihubungi Kompas.com, mengaku, merasakan getaran gempa tersebut.

"Getarannya sangat kuat di sini, semua orang di sini merasakan getarannya," kata warga Bula, Dino Arey, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Sementara, warga lainnya, Ahmad Syafik, mengatakan, para warga yang panik berlarian keluar dari rumah-rumah mereka.

"Ada juga barusan warga yang berlarian ke jalan, mungkin karena panik," kata dia.

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi dari pihak berwenang mengenai ada atau tidaknya dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com