Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Nelayan yang Hilang di Laut Seram Ditemukan Selamat

Kompas.com - 02/02/2019, 22:55 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Dua nelayan yang hilang di perairan laut Seram, Maluku, ditemukan dalam keadaan selamat oleh Tim SAR gabungan, Sabtu malam (2/2/2019).

Kepala Kantor SAR Ambon Muslimin kepada mengatakan kedua nelayan yakni Haerudin Rumadai (43) dan Abu Bin Lahmar (42) ditemukan di perairan Teluk Waru setelah tim SAR menyisir perairan tersebut, sejak pagi tadi.

“Kedua nelayan sudah ditemukan oleh tim SAR,” kata Muslimin, Sabtu malam.

Proses pencarian kedua nelayan tersebut dilakukan dengan KN Abimanyu serta sejumlah longboat dan perahu milik warga. Saat ditemukan, kedua nelayan asal Desa Bula tersebut dalam kondisi yang lemah dan langsung mendapatkan pertolongan.

”Saat ditemukan kondisinya sangat lemah, dan saat ini mereka sudah dibawa dengan mobil ambulance ke RSUD,”ujarnya.

Baca juga: Cuaca Buruk di Perairan Pulau Seram, Dua Nelayan Dilaporkan Hilang

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seram Bagian Timur, Usman membenarkan jika kedua nelayan itu kini tengah menjalani perawatan di RSUD Bula karena kondisi mereka yang lemah.

“Sudah ditemukan dan saat ini mereka sedang dirawat di RSUD Bula,”ujarnya.

Atas nama pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur, dia menyampaikan apresiasi atas kerja keras tim SAR gabungan dan masyarakat yang ikut membantu proses pencarian hingga kedua nelayan tersebut bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih kepada tim SAR karena telah melakukan pencarian hingga menemukan kedua nelayan dalam keadaan selamat,”ujarnya.

Kedua nelayan tersebut dilaporkan hilang setelah longboad yang digunakan untuk melaut mengalami gangguan pada mesin Jumat malam sekitar pukul 23.00 WIT menyusul cuaca buruk yang menerpa perairan tersebut.

Kompas TV Empat Anak Buah Kapal (ABK) motor nelayan Lang-01 yang tenggelam di muara Sungai Digul, Papua, pada Kamis (24/1) lalu ditemukan meninggal dunia. Keempatnya pun langsung dibawa menuju ruang jenazah RSUD Merauke. Sementara itu, sembilan ABK lainnya masih dalam proses pencarian. Namun, proses pencarian masih terkendala gelombang tinggi dan cuaca yang tidak menentu. Tenggelamnya kapal motor Lang-01 diketahui setelah agen perwakilan kapal melapor ke kantor pencarian dan pertolongan atau Basarnas Merauke.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com