Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Banjir di Lautan Pasir Gunung Bromo, Wisatawan Diminta Waspada

Kompas.com - 02/02/2019, 16:00 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta kepada semua wisatawan untuk berhati - hati jika melintasi kawasan Lautan Pasir Gunung Bromo. Sebab, kawasan itu rentan tergenang air jika terjadi hujan lebat.

Seperti video yang beredar baru - baru ini. Genangan air hujan di kawasan itu mengalir deras membentuk sungai. Sedangkan di sekitarnya terdapat wisatawan dengan mobil jeep yang digunakannya berwisata.

"Mengantisipasi cuaca ekstrim yang diprediksi masih akan terus berlanjut di kawasan TNBTS, kami menghimbau agar para pengunjung dan masyarakat yang akan berwisata melewati laut pasir untuk waspada, berhati-hati, tidak melewati Laut Pasir pada musim hujan untuk menghindari terjabak situasi banjir," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/2/2019).

Baca juga: Viral Banjir Membentuk Sungai di Lautan Pasir Gunung Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Sedangkan bagi kendaraan yang akan melintas Lautan Pasir diminta untuk melewati jalur yang sudah tersedia. Kendaraan diminta untuk tidak mendekat ke lokasi yang menjadi celah air untuk mengalir jika terjadi hujan lebat.

"Bagi kendaraan agar melewati jalur aman yang sudah tersedia dan tidak membuat jalur-jalur baru serta memiliki informasi yang cukup mengenai kondisi pada saat berkunjung di kawasan wisata Bromo dan sekitarnya," imbuhnya.

Pengelola TNBTS akan menyiagakan personel keamanannya untuk mengantisipasi kejadian banjir tersebut. Sedangkan bagi pengunjung yang terlanjur berada di Lautan Pasir saat genangan air terjadi diminta untuk tetap tenang dan waspada.

"Bagi wisatawan atau pengunjung yang kebetulan melewati atau berada pada lokasi Laut Pasir akan menyulitkan untuk melakukan mobilisasi karena terhambat oleh aliran air sehingga faktor ketenangan dan kewaspadaan terhadap apa yang terjadi menjadi kunci atau faktor penting dalam menyikapi fenomena banjir di Laut Pasir tersebut," jelasnya.

Baca juga: Lautan Pasir Gunung Bromo Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Lautan Pasir Gunung Bromo merupakan lembah yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Yakni Pegunungan Tengger, Bromo, Batok, Widodaren, Watangan dan Keciri. Letak geografis seperti ini membuat Lautan Pasir jadi tempat limpahan air dari pegunungan di sekitarnya ketika terjadi hujan lebat.

Air akan mengalir di kawasan tersebut dan akan bermuara di Blok Mendongan, sebelah barat Lautan Pasir. Aliran air akan buntu dan berhenti di lokasi itu kemudian meresap. Tingkat porositas atau kemampuan menyerap air yang tinggi pada pasir akan membuat genangan itu cepat meresap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com