Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Baku Tembak di Bandara Mapenduma, Rombongan Bupati Diserang hingga 1 Prajurit TNI Gugur

Kompas.com - 29/01/2019, 19:49 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baku tembak terjadi antara anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Timika, Papua, pada hari Senin (28/1/2019).

Satu prajurit atas nama Praka Nasrudin gugur akbat terkena tembakan dari KKB. Sementara itu, Praka Muhammad Rifai Pagesa, mengalami luka di bagian tangan.

Insiden baku tembak tersebut terjadi saat prajurit dari satuan Yonif Raider Kostrad 751/VJS sedang mengamankan Bandara Mapenduma, Nduga, Papua.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Baku tembak Bandara Mapenduma, satu prajurit TNI gugur

Ilustrasi TNI di PapuaKOMPAS/Aris Prasetyo Ilustrasi TNI di Papua

Praka Nasrudin, salah satu anggota TNI dari satuan Yonif Raider Kostrad 751/VJS, gugur saat terjadi baku tembak dengan KKB.

Praka Nasrudin terkena tembakan di bagian perut sebelah kanan. Semantara itu, rekan korban, Praka Muhammad Rifai Pagesa, mengalami luka tembak di tangan.

Saat itu, sejumlah prajurit TNI dari Satuan Yonif RK 751/VJS yang bertugas di Distrik Mapenduma sedang mengamankan bandara setelah pesawat Enggang Air Service membawa 1.100 kilogram logistik bantuan sosial untuk masyarakat bertolak dari Bandara Kenyam.

Baca Juga: Rombongan Bupati Nduga Diserang Anggota KKB, 1 Prajurit TNI Gugur 

2. Kontak senjata TNI dan KKB terjadi sebelum pesawat mendarat

Seorang prajurit Indonesia tengah berpatroli di sekitar Timika, Papua.AFP Seorang prajurit Indonesia tengah berpatroli di sekitar Timika, Papua.

Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi mengatakan, insiden ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIT. Sejumlah prajurit dari Yonif Raider Kostrad dikerahkan untuk mengamankan Bandara Mapenduma.

Selain membawa bantuan logistik, pesawat dengan Kapten Ibrahim dan Kopilot Yudha, juga berpenumpang Bupati Nduga Yarius Gwijangge, Kadistrik Mapenduma Toni Gwijangge, dan Kadistrik Kagayam Jonatan Kogoya.

Pukul 10.30 WIT, sesaat sebelum pesawat tersebut mendarat, tiba-tiba prajurit TNI mendapat serangan dari KKB dari arah ketinggian sebelah kanan sekitar bandara.
Pasukan TNI kemudian membalas tembakan sehingga terjadi kontak senjata antara TNI dan KKB.

"Kelompok KKB berhasil dipukul mundur dan melarikan diri ke arah hutan di balik ketinggian, pesawat berhasil mendarat dalam keadaan aman," kata Aidi, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: 6 Fakta Pertempuran di Puncak Kabo, Helikopter TNI Diserang hingga Penemuan 15 Jasad

3. Serangan balik KKB lukai Praka Nasrudin

Sejumlah pasukan TNI AD melakukan latihan perang di Hutan Baluran, untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga NKRI.Ahmad Faisol Sejumlah pasukan TNI AD melakukan latihan perang di Hutan Baluran, untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga NKRI.

Tak disangka, KKB kembali menyerang Bandara Mapenduma setelah berhasil dipukul mundur. KKB menyerang saat pengecekan personel anggota TNI di Bandara Mapenduma. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com