Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Ombak, Kapal Pajeko dengan 17 ABK Tenggelam

Kompas.com - 29/01/2019, 18:40 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TERNATE, KOMPAS.com – Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) Pajeko, KM Petra 01, yang tenggelam di sekitar perairan Mayau, Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas Ternate, Selasa (29/1/2019) sore.

Seluruh ABK asal Sulawesi Utara itu langsung dibawa ke Ternate untuk dilakukan pendataan sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

Kepala Pencarian dan Pertolongan Ternate melalui Kepala Sub Seksi Operasi Saiful Wijanarta menuturkan, saat itu, kapal Basarnas KN Pandudewanata 237 sedang melakukan pencarian terhadap kapal nelayan KM Berkat yang dilaporkan hilang kontak sejak tanggal 28 Januari 2019 di sekitar perairan Batang Dua, Ternate.

Baca juga: Sepuluh Korban Kapal Tenggelam di Muara Digoel Papua Berasal dari Lebak, Banten

Di tengah melakukan pendataan tersebut, Basarnas Ternate menerima emergency call dari Capt Rifandi Singale (KM Petra 01), bahwa kapal mereka mengalami kecelakaan dan tenggelam di Perairan Pulau Mayau, Kecamatan Batang Dua, Ternate.

“Namun, seluruh ABK berhasil dievakuasi ke Pulau Mayau dalam keadaan selamat. Selanjutnya Capt KM Petra 01 meminta izin kepada Basarnas Ternate untuk membantu proses evakuasi seluruh ABK dari Pulau Mayau menuju ke Ternate,” ujar Saiful.

Sementara, Capt Rifandi Singale mengatakan, kejadian itu terjadi pada Minggu (27/1/2019) pukul 13.00 WIT, di mana fiber bagian haluan sebelah kanan pecah terhantam ombak.

Mereka sempat putar haluan ke Manado, namun papan lunas haluan tercabut sehingga mengakibatkan kebocoran.

“Dari situ saya melakukan emergency call, kemudian jam 18.00 WIT kapal tenggelam dan menaiki sampan kecil dengan mesin 15 PK baringan 240 tujuan Tagulandang, berhubung arus kuat makanya kami terdampar di Pulau Mayau, dan dievakuasi oleh Kapal Ayuda Kupang Jaya 05 menuju Pulau Mayau pada Senin (28/1/2019), setelah itu barulah kapal Basarnas datang dan kami dievakuasi ke sini (Ternate),” kata Rifandi.

Baca juga: Kapal Tenggelam, 3 Nelayan Selamatkan Diri dengan Berpegangan pada Fiber

Adapun, 17 ABK tersebut yaitu Rifandi Singale (Capt), Hermanto Halibaul, Mario Tampilang, Andreas HH Bidala, Alan Dalince, Viky Balahai, Agusto PK Bawole, Herman Dadu, Lukis Wawa, Ritwan FF Lala, Alvin Saojab, Viky Tumimbang, Romalia Lasarus, Maurlino Mandagi, Fandi Tumimbang, Lery Makagansa serta Daniel W Salinggir.

Sementara, unsur yang terlibat di antaranya Basarnas Ternate, Satjar Korem 152/Bbl, Pangkalan TNI AL Ternate, Ditpolairud Polda Malut, Polres Ternate, SROP Ternate, ORARI, RAPI, FKPPI serta keluarga korban. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com