Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI yang Gugur di Papua Dimakamkan di TMP Barru

Kompas.com - 29/01/2019, 17:35 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Khairina

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Kopda (Anumerta) Nasruddin, prajurit Yonif RK 751/VJS yang gugur dalam tugas di Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua, dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Jenazah Nasruddin, pada Selasa (29/1/2019) pagi telah diterbangkan menggunakan pesawat Garuda dari Timika ke Jayapura.

Selanjutnya, jenazah Nasruddin disemayamkan di Yonif RK 751/VJS untuk dilakukan upacara penghormatan secara militer oleh segenap prajurit Yonif RK 751/VJS yang dipimpin Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan didampingi Danyonif RK 751/VJS Mayor Inf Rofi Irwansyah.

Pada pukul 14.00 WIT jenazah diterbangkan ke Bandara Sultan Hasanudin, selanjutnya menuju rumah duka di Dusun Lompengeng, Desa Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Sebelum dimakamkan, jenazah akan disambut dengan upacara militer oleh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin.

"Pengantaran jenazah dan pendampingan sampai dengan pemakaman di TMP Barru dipimpin langsung oleh Danyonif RK 751/VJS Mayor Inf Rofi Irwansyah," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf. M. Aidi, Selasa (29/1/2019).

Baca juga: Panglima TNI Sampaikan Bela Sungkawa atas Gugurnya Praka Nasarudin di Papua

Nasruddin lahir di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada 20 Oktober 1987 dari pasangan Syarifuddin (almarhum) dan Siti Hasanah. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Dewi Nur Hayati dan dua orang anak, seorang putri berumur 4 tahun serta seorang putra berumur 1,5 tahun.

Nasruddin telah mengabdi sebagai prajurit TNI Angkatan Darat selama 11 tahun, sejak 2008 sampai Januari 2019.

Almarhum yang tergabung dalam Satgas Pam Rahwan Yonif Raider Khusus 751/VJS, gugur tertembak usai melakukan pengamanan di Bandara Mapenduma, Kabupaten Nduga, Senin (28/1/2019).

"Almarhum telah mempersembahkan miliknya yang paling berharga kepada persada Pertiwi, gugur menjadi syuhada sebagai pahlawan kusuma bangsa," kata Aidi.

Sebelumnya, Kopda (Anumerta) Nasruddin gugur setelah tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat mengamankan Bandara Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (28/1/2019).

Selain Nasruddin, satu prajurit TNI Praka Muhammad Rifai Pagesa mengalami luka tembak di bagian tangan.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIT. Saat itu, sejumlah prajurit TNI dari Satuan Yonif RK 751/VJS yang bertugas di Distrik Mapenduma sedang mengamankan bandara setelah pesawat Enggang Air Service membawa 1.100 kilogram logistik bantuan sosial untuk masyarakat bertolak dari Bandara Kenyam.

Dalam pesawat yang dipiloti Capten Ibrahim dan Copilot Yudha juga terdapat Bupati Nduga Yarius Gwijangge, Kadistrik Mapenduma Toni Gwijangge, dan Kadistrik Kagayam Jonatan Kogoya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com