Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disnakertrans Sumsel Beri Penghargaan Pengelolaan K3 ke Pembangkit Swasta

Kompas.com - 29/01/2019, 08:16 WIB
Aprillia Ika

Editor

BAYUNG LENCIR, KOMPAS.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Selatan (Disnakertrans Sumsel) memberikan penghargaan untuk penerapan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ke PT DSSP Power Sumsel.

Penghargaan tersebut yakni penghargaan Lima Juta Jam Kerja Tanpa LTI (Lost Time Incident) pada kegiatan operasi IPP PLTU Sumsel-5 berkapasitas 2X150 megawatt di Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Selatan Koimudin mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras PT DSSP Power Sumsel beserta para kontraktornya dalam upaya melindungi keselamatan kerja para karyawan.

Sebelum penyampaian penghargaan, Disnakertrans Provinsi Sumsel telah melakukan beberapa kali audit keselamatan kerja kepada PT DSSP Power Sumsel.

Baca juga: Menjawab Tingginya Kebutuhan di Sektor Pembangkit Tenaga Listrik

“Saya mengharapkan agar semua pihak melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing, sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat” ujarnya, melalui keterangan pers ke Kompas.com, Selasa (29/1/2019).

Penyerahan penghargaan dilakukan pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019 di Desa Sindang Marga, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasi.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel, Perwakilan dari PT PLN (Persero), CEO bisnis energi PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Muba, Muspika, serta kepala-kepala desa setempat.

PT DSSP Power Sumsel adalah anak usaha tidak langsung PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA). DSSA sendiri adalah anak usaha Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

“Management berkomitmen untuk terus mendukung segala upaya untuk terciptanya K3 di lingkungan kerja” ujar Lokita Prasetya, CEO bisnis energi PT Dian Swastatika Sentosa Tbk.

Baca juga: Di Kendal, Menaker Beri Peralatan Keselamatan Kerja untuk 400 Nelayan

Sebagai informasi, PT DSSP Power Sumsel adalah pembangkit tenaga listrik mulut tambang yang dibangun dengan nilai investasi sekitar 420 juta dollar AS.

Perusahaan ini telah memulai kegiatan operasi komersialnya untuk membantu memperkuat sistem kelistrikan Sumatera Selatan pada Desember 2016.

Proyek IPP PT DSSP Power Sumsel merupakan salah satu dari tiga proyek IPP PLTU milik DSSA.

Selain IPP PLTU Sumsel-5, DSSA memiliki dua proyek IPP PLTU lain, yaitu IPP PLTU Kendari-3 berkapasitas 2x50 MW di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara dan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2x100 MW di Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Kebakaran Pabrik Mercon Kosambi dan Jatuhnya Balok Tol Pasuruan-Probolinggo, K3 Dievaluasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com