Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Ikan Rute Bitung-Ibu Terbakar di Perairan Halmahera

Kompas.com - 27/01/2019, 10:37 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com - Kapal ikan POV VIII rute Bitung (Sulawesi Utara) – Kecamatan Ibu (Kabupaten Halmahera Barat), Maluku Utara terbakar pada bagian haluan kapal, Minggu (27/01/2019).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate, Muhammad Arafah, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima Basarnas, kapal ikan tersebut mengalami kebakaran di bagian kamar mesin.

“Pukul 11.00 WIT, terima info via HP dari Bpk. Nahrawi (Anggota RAPI) bahwa pada pukul 10.50 WIT Beliau mendapat laporan SOS dari Kapal POF XVIII melalui Radio Freq. 14.980 yang menyatakan kapal tersebut mengalami kebakaran di bagian kamar mesin dan membutuhkan pertolongan segera,” kata Arafah.

Adapun data kapal:

  • Nama kapal: POF XVIII (Kapal Ikan Purse Seine) GT 98
  • Perusahaan: PT POF
  • Rute kapal: Bitung-Ibu (Halmahera Barat)
  • POB: 25 orang
  • Warna kapal: Atas Putih, Lambung Biru
  • Muatan: ± 80 ton

Arafah mengatakan, kapal itu bertolak dari Pelabuhan Perikanan Bitung menuju Pelabuhan Perikanan Loloda pada Sabtu (26/01/2019).

Pada Minggu, kurang lebih 28 kilometer dari Ibu atau tepatnya di Koordinat 01°36'00" N / 127°06'00" E, kapal mengalami kebakaran di bagian kamar mesin.

“Pukul 11.13 WIT, Tim Rescue Kansar Ternate berjumlah 15 personel bergerak menuju lokasi yang dimaksud dengan estimasi jarak tempuh 2 jam 35 menit,” ujar Arafah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com