Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertaruh Nyawa saat Bertugas, 7 Polisi Papua Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Kompas.com - 25/01/2019, 15:36 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Tujuh personel Polda Papua diberikan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) karena berprestasi selama menjalankan tugas penegakan hukum, Jumat (25/1/2019).

Upacara KPLB berlangsung di halaman Polda Papua, Kota Jayapura, dipimpin Kapolda Papua Irjen Polisi Drs Martuani Sormin.

Ada enam personel mengikuti upacara KPLB di Mapolda. Sedangkan, satu personel mengikutinya di Mapolres Puncak Jaya.

Ketujuh personel ini diberikan KPLB karena dinilai mampu menjalankan tugas penegakan hukum, meski nyawa taruhannya.

Ipda Suriadin mendapat KPLB menjadi Iptu karena berhasil menangkap pelaku dan barang bukti kasus tindak pidana perburuan hewan/satwa yang dilindungi di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Brigpol Fiktor Poceratu dan Brigpol Asop Mulyana naik pangkat ke Bripka karena berhasil menangkap tersangka Iwan alias Fan Love (38) di Rusunawa Uncen Perumnas III atas kepemilikan senjata api milik Polri jenis Revolver.

Baca juga: Satu Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak dengan TNI di Sinak Papua

Bigpol Arief Surya Sumahendra mendapat KPLB menjadi Bripka, karena menjadi korban penembakan KKB pada tanggal 31 Desember 2014. Arief menderita luka di punggung dan peluru sempat bersarang di tubuh saat bertugas di Polres Paniai.

Brigpol Frans Yos Dumapa diberikan KPLB menjadi Bripka. Saat bertugas di Polsek Sinak Polres Puncak Jaya, Bripka Frans mendapat serangan dari KKB pada tanggal 27 Desember 2015 pukul 20.00 WIT. Dia berhasil selamat, sedangkan empat rekannya gugur.

Briptu Ryan Danutirta diberikan KPLB menjadi Brigpol. Brigpol Ryan juga selamat dalam peristiwa serangan dari KKB pada tanggal 27 Desember 2015 pukul 20.00 WIT, saat bertugas dengan Bripka Frans di Polsek Sinak Polres Puncak Jaya.

Briptu Ricci Devva Ronllando diberikan KPLB menjadi Brigpol, karena selama bertugas di Bagian Sumda selama 11 tahun tidak pernah melakukan pelanggaran. Dia juga ikut menumpas KKB di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya.

Kapolda Papua Irjen Polisi Drs Martuani Sormin mengatakan, penghargaan yang diberikan dari Polri ini karena mereka telah menunjukkan kinerja yang baik kepada masyarakat.

"Kegiatan KPLB ini semuanya tidaklah ada yang kebetulan, karena di antara rekan-rekan kita ini memiliki prestasi," kata Martuani.

Baca juga: Bupati: Tugas di Puncak Papua, TNI dan Polri Harus Selalu Siaga

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh personel jajaran Polda Papua agar dapat melayani masyarakat dengan baik dan penuh tanggung jawab, dan jadilah polisi yang profesional dan terpercaya.

"Atas nama pribadi dan selaku pimpinan Polda Papua saya ucapkan selamat atas kenaikan pangkat luar biasa atas dedikasi yang telah Anda berikan kepada institusi Polri yang kita cintai ini," ucap Martuani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com