Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Otopsi Dinyatakan Selesai, Jenazah IA Diserahkan ke Keluarga

Kompas.com - 24/01/2019, 12:54 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com- Hasil otopsi serta tes DNA yang dilakukan terhadap sesosok mayat perempuan dalam kondisi terbakar di spring bed di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan memastikan korban adalah IA (20).

Kepastian itu terungkap setelah tim Laboratorium Forensik Polda Sumsel mencocokan data skunder dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta barang bukti yang diamankan seperi gigi, cincin, anting dan jam tangan milik korban.

"Memang hasil tes DNA belum keluar, tapi itu sudah dipastikan jenazah itu adalah IA. Karena hasil pencocokkan bukti sekunder serta jaringan sel milik korban semuanya sama,"kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (24/1/2019).

Baca juga: Kapolda Sumsel: Otak Pembunuhan IA Mudah-mudahan Tertangkap Hidup 

Zulkarnain melanjutkan, setelah dinyatakan identitas itu adalah IA, jenazah langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

"Kemarin sudah saya perintahkan langsung diserahkan, kemungkinan sudah diserahkan," jelas Zulkarnain.

Diterangkan Zulkarnain, empat pelaku yang telah diamankan yakni Feri (30), Abdul Malik (22) DP (16) dan FB (16) dinyatakan positif menggunakan narkoba. Satu pelaku lain masih buron, bernama Asri, diduga sebagai otak pelaku. 

Baca juga: 6 Fakta Pembunuhan IA yang Dibakar di Ogan Ilir, Pelaku Pesta Sabu Sebelum Eksekusi hingga Dipicu Masalah Utang

Para pelaku tersebut sebelumnya sempat menggelar pesta narkoba sebelum menghabisi nyawa IA ketika datang ke rumah kontrakan Asri di  Desa Talang Taling Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim untuk menagih utang kepada korban.

"Mereka (para pelaku) itu nyabu dulu, datang si wanita (korban) setelah ditelpon Asri dengan alasan menagih utang. Karena belum bisa membayar, Asri mengajak korban berhubungan badan tapi korban tidak mau hingga dipaksa dan akhirnya dibunuh," ungkap Kapolda Sumsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com