Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Semburkan Lumpur dan Gas, 10 Kepala Keluarga Mengungsi

Kompas.com - 23/01/2019, 23:37 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 10 kepala keluarga di Desa Tanjong Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (23/1/2019) siang dilaporkan telah mengungsi ke rumah keluarga mereka di desa tersebut.

Pasalnya, salah satu sumur yang siap digali mengeluarkan gas dan lumpur sekitar 15 meter.

Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Lingkungan Hidup Fakhrurradhi menyebutkan, mereka menetapkan radius aman 500 meter persegi. Kawasan itu juga dilarang masuk masyarakat.

Dia menyebutkan, timnya sudah mengambil sampel tanah yang ada di kawasan itu. Untuk sementara, diduga gas yang keluar dari sumur tersebut berupa gas metan.

“Debit lumpur yang keluar sudah mengecil. Sampel sudah kami ambil. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, warga mengungsi sementara waktu ke rumah saudaranya,” terang Fakhrurradhi.

Baca juga: Warga Berlarian Lihat Sumur Semburkan Lumpur dan Gas Setinggi 15 Meter

Dia menyebutkan, timnya akan membawa sampel itu untuk uji laboratorium sehingga memastikan jenis gas yang keluar dari sumur tersebut.

Sementara polisi sudah memasang garis polisi dan mengimbau warga tidak mendekat ke lokasi.

“Setelah hasil uji lab keluar, maka kami akan ambil tindakan yang tepat. Misalnya akan kami tutup dengan semen atau bagaimana,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sumur milik Rustam Effendi mengeluarkan gas dan semburan lumpur setinggi 15 meter.

Kondisi itu membuat warga sekitar sumur panik dan melarikan diri jauh dari lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Kompas TV Airasia menambah menambah jadwal penerbangan dari Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia sampai dengan 3 kali dalam sehari karena lonjakan jumlah penumpang. Lonjakan jumlah penumpang sudah terjadi sejak tahun lalu. Penambahan jadwal penerbangan ini tidak berlaku setiap hari. Yang harus diperhatikan regulator dan perusahaan maskapai Indonesia adalah alasan penumpang. Pemesanan tiket ke Kuala Lumpur naik karena warga Aceh yang terbang ke Pulau Jawa lebih memilih lewat jalur internasional Malaysia. Sebab harga tiket yang lebih murah. Pengelola jasa perjalanan menghitung lewat jalur Kuala Lumpur, Malaysia biaya penerbangan ke Pulau Jawa bisa hemat sampai dengan 1 juta rupiah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com