Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Peringatan Dini Cuaca di Sulut, Waspada Hujan Lebat, Kilat dan Angin Kecang

Kompas.com - 23/01/2019, 11:42 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (23/01/2019) pukul 11.20 WITA.

"Dalam peringatan dini itu, berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 11.50 WITA di wilayah Manado, Minahasa Selatan, Kepulauan Sitaro dan sekitarnya," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu.

Menurut BMKG, kondisi cuaca ini dapat meluas ke beberapa wilayah di Sulut.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Angin Puting Beliung di Sulsel

"Di antaranya, Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 14.20 WITA," ujar Cariz.

Dia juga menjelaskan, hujan dan angin kencang melanda wilayah Indonesia, termasuk Sulut adalah akibat peningkatan tekanan udara di wilayah Asia yang saat ini sedang terjadi musim dingin.

"Sementara itu, posisi matahari yang berada di Selatan khatulistiwa karena gerak semu tahunan matahari menyebabkan di wilayah selatan Indonesia akan banyak terbentuk daerah tekanan rendah. Akibat dari perbedaan tekanan yang cukup besar ini adalah pergerakan massa udara dari Asia menuju Indonesia yang cukup kuat (kecepatan angin tinggi)," jelas Cariz.

Baca juga: BMKG Peringatkan Ada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Wilayah Ini

Ia menambahkan, pergerakan massa udara ini juga membawa uap air yang cukup banyak dari wilayah Asia dan Samudera Pasifik.

"Sehingga menyebabkan musim hujan terjadi di Indonesia, termasuk Sulawesi Utara," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com