KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Pemkot Semarang dan Kemendagri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Gratis

Kompas.com - 22/01/2019, 15:00 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Untuk membangun harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pelestarian budaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) mengadakan pagelaran wayang kulit di halaman Balai Kota Semarang, Jumat (25/1/2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Semarang Wing Wiyarso mengatakan, dipilihnya wayang kulit untuk pelestarian budaya karena media ini telah terbukti mampu berperan sebagai perekat persatuan masyarakat.

"Untuk itu, saya berharap masyarakat Kota Semarang bisa hadir dan menyaksikan pertunjukan seni tersebut." kata Wiyarso dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (22/1/2019).

Apalagi, kata dia, pagelaran tersebut trbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya atau gratis.

Perlu diketahui, Pagelaran wayang kulit semalam suntuk itu menghadirkan dalang kondang Ki Bayu Aji Pamungkas yang akan membawakan lakon “Bimo Krido”.

Pemkot Semarang dan Kemendagri mengadakan pagelaran wayang kulit gratis, Jumat (25/1/2019), di halaman Balai Kota Semarang. Dok. Humas Pemerintah Kota Semarang Pemkot Semarang dan Kemendagri mengadakan pagelaran wayang kulit gratis, Jumat (25/1/2019), di halaman Balai Kota Semarang.
Dalam pementasan lakon Bimo Krido, dikisahkan tentang usaha para Kurawa untuk mempertahankan Negara Astinapura. Karena tidak tercapai perdamaian, maka terjadi perang antara Kurawa dengan Bima dan Kresna hingga akhirnya Batara Guru harus turun tangan dan ikut dalam peperangan.

Menurut rencana, acara yang dimulai pada Jumat (25/1/2019), pukul 20.00 WIB tersebut akan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo beserta jajarannya.

Hadir pula Wali kota Semarang Hendrar Prihadi berserta jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Semarang, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Semarang.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com