Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Waspadai Gelombang 6 Meter di Perairan Ini

Kompas.com - 22/01/2019, 09:41 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Makassar merilis prakiraan cuaca buruk yang melanda Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai, Selasa (22/1/2019) pukul 08.00 hingga Jumat (25/1/2019).

Menurut data yang dirilis, cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang menerjang beberapa wilayah di Sulssel, termasuk Kota Makassar.

Staf prakirawan BMKG Makassar, Daryatno, mengatakan, cuaca buruk berdampak pada ketinggian ombak di beberapa perairan di sekitar Sulsel. Ketinggian ombak bervariasi, yakni antara 1,25 meter hingga 6 meter.

Ketinggian gelombang 1,25 meter-2,5 meter berpeluang terjadi di Teluk Bone bagian utara. Lalu ketinggian gelombang antara 2,5 meter-4 meter bisa terjadi di Teluk Bone bagian selatan.

Baca juga: BMKG Peringatkan Ada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Wilayah Ini

Sedangkan ketinggian gelombang 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, dan Laut Flores.

Dari pantauan citra satelite cuaca, lanjut Daryatno, pertumbuhan awan sangat intens dan meluas di wilayah Sulsel bagian selatan.

Saat ini, cuaca hujan lebat dan angin kencang masih berpotensi terjadi hari ini sepanjang hari.

“Data menunjukkan kecepatan angin 280 barat/32 knot,” katanya.

Dengan cuaca buruk yang melanda di wilayah Sulsel, lanjut Daryatno, BMKG mengimbau agar seluruh masyarakat lebih waspada. Terutama bagi kapal-kapal yang melakukan pelayaran.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.

Baca juga: Fenomena La Nina, Dipole Mode, dan MJO, Tinggi Gelombang di Kepri Capai 5 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com