Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Lamongan, "Millenial Road Safety" Juga Diminati Pejabat

Kompas.com - 20/01/2019, 23:19 WIB
Hamzah Arfah,
Khairina

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Selain ratusan warga, agenda launching millenial road safety yang dilaksanakan jajaran kepolisian di Alun-alun Lamongan, Minggu (20/1/2019), juga mendapat perhatian dari  pejabat daerah setempat.

Berbaur bersama masyarakat, mulai dari Bupati Lamongan Fadeli, Wakil Bupati Kartika Hidayati, Dandim 0812 Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, serta beberapa pejabat pemerintah daerah yang lain turut menyimak imbauan dari pihak kepolisian tentang pentingnya keselamatan saat berlalu lintas.

"Sebab dari data yang kami miliki, kecelakaan lalu lintas menjadi nomor lima penyebab jumlah kematian di dunia sejauh ini," ujar Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung, Minggu (20/1/2019).

Untuk itu, dengan digelarnya acara kali ini, ia berharap, warga masyarakat, terutama kalangan remaja, dapat lebih berhati-hati saat berkendara di jalan raya

"Karena khusus di Lamongan, sejauh ini yang saya lihat cukup sering menjadi korban laka lantas itu dari rentang usia 17 tahun hingga 35 tahun, usia-usia muda," ucap dia.

Baca juga: Polisi Targetkan Korban Kecelakaan Lalu Lintas dari Kaum Milenial Berkurang hingga 30 Persen

Oleh karena itu, pihak kepolisian Lamongan bakal terus melakukan acara sosialisasi serupa di sekolah-sekolah maupun universitas yang ada di Lamongan.

Sehingga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi dengan cara melakukan pencegahan melalui imbauan tertib berlalu lintas.

"Dalam hal ini, khususnya para remaja dapat lebih tertib dan santun saat berkendara di jalan raya, serta mematuhi aturan yang ditentukan supaya selamat hingga tempat tujuan," kata dia.

Sementara Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak kepolisian untuk dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi, yang selama ini banyak menimpa korban usia remaja.

"Kami cukup senang dengan agenda yang dilakukan pihak kepolisian seperti ini, untuk mengingatkan agar terus berhati-hati saat berkendara," kata Fadeli.

"Terutama sosialisasi secara berkelanjutan di sekolah-sekolah dan tempat pendidikan yang ada di Lamongan, supaya para remaja dapat lebih tertib saat di jalan raya," lanjutnya.

Fadeli pun berharap, selepas acara yang dilakukan pada hari itu akan bisa langsung berdampak terhadap penurunan angka kecelakaan yang terjadi di Lamongan di waktu berikutnya.

Kompas TV Millenial Road Safety Festival digelar Ditlantas Polda Metro Jaya, Minggu (20/1) pagi sebagai sosialisasi tertib berlalu lintas. Memanfaatkan hari bebas kendaraan, sejumlah selebritas ikut meramaikan gelaran ini.<br /> <br /> Pemahaman tertib berlalu lintas bagi milenial dinilai sangat penting. Sebab, 55 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama 2017 hingga 2018 menimpa usia remaja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com