Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Sekolah di Aceh Belum Daftar ke Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Nasional

Kompas.com - 20/01/2019, 16:28 WIB
Masriadi ,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 318 sekolah menengah atas, kejuruan, dan madrasah di Aceh hingga Minggu (20/1/2019) belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Padahal, batas akhir pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai syarat utama untuk mendaftar di jalur itu hanya lima hari lagi yaitu 25 Januari 2019 lalu.

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Herman Fithra, menyebutkan, setelah sekolah mengisi PDSS baru dilanjutkan pendaftaran 4-14 Februari 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 23 Maret 2019.

“Kami imbau agar kepala daerah, kepala dinas di kabupaten/kota di Aceh itu mengingatkan sekolah yang hingga hari ini belum mengisi PDSS agar siswanya bisa mendaftar ke SNMPTN,” kata Herman.

Baca juga: SNMPTN 2019 Dimulai, Ini Tahapannya

Dia menyatakan, tim Unimal terus berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan, kepala kantor kementerian agama dan bupati/walikota di Aceh untuk mengimbau seluruh sekolah itu segera mengisi PDSS sebelum batas akhir yang telah ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dia berharap, seluruh sekolah bisa mendaftar sehingga peluang generasi Aceh untuk menimba ilmu pendidikan tinggi semakin besar.

“Selain itu, perlu kerjasama orang tua dan sekolah. Sehingga proses pengisian ini bisa berjalan dengan baik,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, pemerintah membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu SNMPTN,Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri.Ketiga jalur itu diperkirakan selesai hingga pertengahan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com