Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lumpuhkan Akses Transportasi di Pantura Flores

Kompas.com - 19/01/2019, 16:21 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Tini Tadeus mengatakan, akses transportasi melalui jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Flores lumpuh total akibat banjir yang melanda wilayah itu.

Menurut Tadeus, banjir merobohkan sebuah jembatan di Desa Dagemaga, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, hingga mengakibatkan arus transportasi di wilayah itu putus total.

Tadeus menyebut, jembatan yang putus itu terletak di jalan utama. Saat ini, lanjutnya, sedang dilakukan pembangunan jembatan darurat agar transportasi kembali normal.

"Saat ini teman-teman dari Dinas PUPR sedang berupaya untuk mencari alternatif," ucap Tadeus kepada Kompas.com, Sabtu (19/1/2019).

Baca juga: Jembatan di Jalan Strategis Nasional Flores Sudah Lama Ambruk

Banjir itu, kata Tadeus, terjadi pada Kamis (17/1), namun tidak ada korban jiwa. Sebagian badan jembatan tersebut rusak sejak Desember 2018 akibat banjir, namun masih bisa dilewati kendaraan.

"Jembatan itu akhirnya roboh saat banjir Kamis siang. Badan jembatan patah setelah roboh," ungkapnya.

Tadeus menyebut, jalur pantura Flores menghubungkan Kabupaten Sikka dengan dua kabupaten lainnya, yakni Ende dan Nagekeo.

"Kita berharap, pembangunan jembatan daurat cepat rampung dalam beberapa hari ke depan agar transportasi kembali normal," pungkasnya.

Kompas TV Hingga pukul 6.30 pagi ini sudah terjadi belasan kali gempa susulan dengan kekuatan paling besar 3,5 Magnitudo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com