Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Agya Terjepit Truk yang Menewaskan Satu Keluarga di Gentong

Kompas.com - 19/01/2019, 15:10 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut menewaskan satu keluarga berjumlah empat orang terjadi di Tanjakan Gentong, Kota Tasikmalaya, Jumat (18/1/2019), pukul 22.30 WIB.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Jajang (25), warga setempat, kejadian bermula saat tronton bermuatan pasir bernomor polisi D 9472 AE menaiki Tanjakan Gentong dari arah Tasikmalaya, dengan tujuan Purwakarta.

Meskipun berjalan perlahan, tronton melebar ke lajur kanan jalan untuk menghindari beban tanjakan.

Di belakang tronton, ada tiga mobil yang berderet dengan arah yang sama menaiki tanjakan.

Tiga mobil itu yakni Toyota Avanza bernomor polisi B 1269 PYY, mobil korban satu keluarga tewas Toyota Agya bernomor polisi D1496 ADJ, dan Honda Brio bernomor polisi R 9378 TC.

Baca juga: Butuh 5 Jam, Keluarkan Satu Keluarga Penumpang Agya yang Tewas Terjepit Truk

Ruang sisi lajur kiri yang kosong digunakan Avanza hendak menyalip tronton pasir tersebut.

Namun, saat Avanza berada di samping kiri, diduga truk tronton tersebut tak kuat menahan beban saat menanjak, lalu mundur kembali.

Mobil Agya yang berada di samping kiri belakang tronton tertabrak mundur truk sampai terjepit dan mengalami kerusakan parah.

Sedangkan Avanza yang berada di samping kiri dan Brio ikut terhempas karena truk mundur sembari terguling ke sebelah lajur kanan jalan.

Paling parah dialami Agya karena selain tertabrak mundur, juga terseret sampai ke parit jalan dan terjepit ke parit bahu kiri jalan.

Sedangkan, Avanza dan Brio terkena truk yang terbanting, dan menyebabkan bagian depan kedua mobil tersebut rusak parah. Beruntung, penumpang Avanza dan Brio tak mengalami luka parah.

Sedangkan, penumpang Agya yang terdiri dari empat orang yang merupakan satu keluarga itu tewas terjepit di lokasi kejadian.

Baca juga: Agya Terjepit Truk yang Mundur di Tanjakan Gentong, Satu Keluarga Tewas

"Kecelakaannya empat mobil, tronton bermuatan pasir, Avanza, Agya dan Brio. Itu dari arah yang sama dari arah Tasikmalaya menuju Bandung. Beruntung di arah sebaliknya lagi sepi tidak ada mobil lain. Soalnya kejadiannya malam jam setengah sebelas," ujar Jajang.

Proses evakuasi berjalan alot sampai membutuhkan waktu lima jam. Saat proses itu, jalur Tasikmalaya-Bandung sempat diberlakukan sistem buka tutup.

Mulai dari mobil derek dan crane dikerahkan untuk menggerakan tronton yang posisinya terguling dan menjepit Agya. Sedangkan, Avanza dan Brio pun digeser menggunakan mobil derek ke samping jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com