Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari Mendatang, Pemerintah Luncurkan 2.000 Motor Listrik Gesits

Kompas.com - 18/01/2019, 23:47 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Deputi Menteri BUMN Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno mengatakan bahwa pemerintah akan meluncurkan 2.000 motor listrik “Gesits yang diproduksi atas kerja sama PT Wika dan PT Pertamina pada Februari 2019 mendatang.

“Sebetulnya ini motor listrik Gesits sudah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada bulan Desember 2018 kemarin. Pada Januari 2019 sekarang sementara diproduksi massa sebanyak 2.000 unit dan akan di-launching pada Februari mendatang,” kata Fajar dalam seminar energi yang digelar Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) di gedung Phinisi Makassar, Jumat (18/1/2019),

Menurut Fajar, motor listrik Gesits ini merupakan motor berteknologi canggih tanpa menggunakan bahan bakar minyak. Motor ini hanya menggunakan baterai dengan kecepatan 90 kilometer per jam.

“Kemampuan jelajahnya motor listrik Gesits sampai 300 kilometer. Sementara diproduksi di Cibinong atas kerja sama dengan Wika dan Pertamina,” ujarnya.

Baca juga: Motor Listrik Karya Anak Bangsa Gesits Diluncurkan Januari 2019

Motor listrik Gesits merupakan kendaraan listrik beroda dua pertama di Indonesia dengan mengusung fitur dan kemampuannya yang lebih baik, dibandingkan motor bensin biasa. Motor listrik Gesits memiliki desain mirip motor matik dan rencananya dijual dengan harga terjangkau di bawah Rp 20 juta.

Teknologi pada motor listrik Gesits jauh lebih modern dibandingkan motor bensin saat ini. Saat ini, seluruh manajemen kendaraan meliputi kecepatan motor, kondisi dan suhu mesin, sistem kelistrikan hingga baterai ada pada aplikasi khusus yang terpasang di ponsel pintar. Bisa dibilang ponsel dengan sistem Android adalah pengganti speedometer yang terletak di atas stir motor.

Baca juga: Harga Motor Listrik Gesits Karya Anak Bangsa Rp 22 Juta-Rp 23 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com